Kompas.com - 18/10/2021, 20:03 WIB
Penampakan bagian punggung iPhone 13 setelah drop test sebanyak tiga kali. YouTube/ TechRaxPenampakan bagian punggung iPhone 13 setelah drop test sebanyak tiga kali.

KOMPAS.com - Lini iPhone 13 terbaru sudah resmi meluncur di berbagai negara. Sejumlah kreator konten pun ramai-ramai mengulas ponsel teranyar dari Apple ini, termasuk soal ketahanannya pada benturan.

YouTuber dengan saluran bernama TechRax adalah salah satunya. Dalam video berdurasi hampir 5 menit, TechRax melakukan uji jatuh alias drop test pada iPhone 13 varian "reguler" di sebuah gedung dengan tangga spiral setinggi kurang lebih 82,5 meter.

Sebagai pembanding, TechRax juga melakukan uji jatuh yang sama pada ponsel fitur lawas Nokia 3310. Nokia dipilih sebagai pembanding karena ponsel keluaran Nokia dikenal tahan banting.

Baca juga: Keistimewaan Nokia 3310 yang Kini Berusia 20 Tahun

Hasilnya, ternyata ponsel iPhone 13 terbilang tahan banting dibandingkan Nokia 3310. Ini terlihat dalam uji jatuh yang pertama, komponen bodi Nokia bodi 3310 langsung terlepas menjadi beberapa bagian, karena membentur tangga spiral yang pegangannya terbuat dari besi.

Dari video terlihat casing depan dan belakang, tombol keypad, hingga baterai lepas dari bodi ponsel Nokia 3310 dalam drop test yang pertama.

Hasil drop test Nokia 3310 sebanyak satu kali.YouTube/ TechRax Hasil drop test Nokia 3310 sebanyak satu kali.
"Sayangnya Nokia 3310 tidak bertahan. Jadi mitos populer (Nokia jadi ponsel yang tahan) itu sebenarnya tak sepenuhnya benar," kata TechRax.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setela drop test yang pertama, TechRax sendiri tidak memperlihatkan kondisi Nokia 3310, apakah ponsel ini bisa dirakit kembali dan berfungsi dengan normal lagi atau tidak.

Dijatuhkan tiga kali tetap berfungsi normal

Sementara itu, ketika iPhone 13 dijatuhkan untuk pertama kalinya, kerusakan hanya terlihat pada bagian punggungnya saja.

Dalam video terlihat bagian punggung iPhone 13 retak bahkan pada bagian kaca pelindung di kamera belakangnya. Namun, lensa tiga kamera belakang iPhone 13 terlihat baik-baik saja karena masih bisa digunakan untuk merekam saat uji jatuh berikutnya.

Baca juga: Uji Jatuh Nokia 3310 Reborn, Kuat atau Ringkih?

Sedangkan dalam drop test yang pertama, layar iPhone 13 terlihat masih sangat mulus tanpa adanya retakan sedikit pun. Ponsel pun masih dapat berfungsi dengan normal. Sensitivitas layar terhadap sentuhan juga terlihat tak mengalami gangguan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber TechRax
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.