Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steam Bakal Berhenti Edarkan Game Berbasis NFT dan Cryptocurrency

Kompas.com - 19/10/2021, 06:36 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Platform distribusi game besutan Valve, Steam mengumumkan bakal melarang peredaran game yang mengandung unsur teknologi berbasis blockchain.

Artinya, seluruh game yang menggunakan fitur Non Fugible Tokens (NFT) dan mata uang kripto (cryptocurrency) tidak lagi dapat ditemukan dan diunduh melalui Steam.

Informasi tersebut pertama kali diungkap oleh pengembang game Age of Rust, SpacePirate Games, melalui sebuah posting yang diunggah melalui akun Twitter @SpacePirate_io.

Pengembang game tersebut mengaku sangat kecewa dengan keputusan yang diambil oleh Steam.

Baca juga: Apa itu NFT Gaming, Main Game yang Dibayar Uang Kripto

Menurut SpacePirate Games, Steam ingin menyingkirkan semua game yang melibatkan transaksi menggunakan mata uang di dunia nyata, dan dalam hal ini termasuk NFT dan mata uang kripto.

"Mereka (Steam) tidak mengizinkan barang (item) yang memiliki nilai di dunia nyata untuk beredar di platform miliknya," ungkap SpacePirate Games.

Sebagai informasi, Age of Rust merupakan sebuah game yang menyediakan konten berupa teka-teki (puzzle). Apabila berhasil dipecahkan, beberapa teka-teki tersebut akan memberikan pemain hadiah berupa NFT.

Pemain dapat menukarkan NFT yang didapatkan melalui platform Enjin, yakni sebuah perusahaan yang membantu pengembang dalam mengintegrasikan NFT ke dalam produk mereka.

Namun dengan adanya kebijakan ini, pemain nampaknya tak lagi dapat mengunduh game Age of Rust melalui Steam.

Baca juga: Mengenal NFT, Aset Kripto yang Tengah Naik Daun

Selaku pihak yang terlibat, Enjin turut mengungkap rasa kekecewaannya terhadap Steam. Hal ini ditandai dengan sebuah cuitan yang diunggah Enjin beberapa waktu lalu.

"Kecewa terhadap keputusan licik yang berdampak langsung pada salah satu mitra kami seperti @SpacePirate_io," tulis Enjin.

Merasa telah dikhianati oleh Steam, Enjin nampaknya berencana untuk beralih ke platform kompetitor Steam, yakni Epic Games.

"@TimSweeneyEpic @EpicGames mari ngobrol?," lanjut Enjin.

Menanggapi keputusan yang diambil Steam, Epic Games nampaknya melihat hal ini sebagai peluang baru untuk merebut hati klien Steam.

Sebab, Epic Games secara terang-terangan mengaku masih mendukung game yang menjalankan fitur blockchain. Setidaknya begitu yang disampaikan oleh CEO Epic Games, Tim Sweeney.

Baca juga: Biaya Tersembunyi di Balik Penjualan NFT

Menurut Sweeney, Epic Games mendukung pihak pengembang game yang mengadopsi transaksi NFT dengan syarat masih mematuhi ketentuan yang berlaku.

"Meskipun Epic tidak menggunakan mata uang kripto dalam game, kami menyambut inovasi di bidang teknologi dan keuangan," jelas Sweeney.

Kendati demikian, pernyataan ini tidak serta-merta membuat Epic Games menerima semua game yang diajukan oleh pihak pengembang.

Epic Games nyatanya masih mencoba menyaring dengan hati-hati game yang akan dirilis di platform besutannya tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com