Steam Bakal Berhenti Edarkan Game Berbasis NFT dan Cryptocurrency

Kompas.com - 19/10/2021, 06:36 WIB
Ilustrasi Steam. HITCIlustrasi Steam.

KOMPAS.com - Platform distribusi game besutan Valve, Steam mengumumkan bakal melarang peredaran game yang mengandung unsur teknologi berbasis blockchain.

Artinya, seluruh game yang menggunakan fitur Non Fugible Tokens (NFT) dan mata uang kripto (cryptocurrency) tidak lagi dapat ditemukan dan diunduh melalui Steam.

Informasi tersebut pertama kali diungkap oleh pengembang game Age of Rust, SpacePirate Games, melalui sebuah posting yang diunggah melalui akun Twitter @SpacePirate_io.

Pengembang game tersebut mengaku sangat kecewa dengan keputusan yang diambil oleh Steam.

Baca juga: Apa itu NFT Gaming, Main Game yang Dibayar Uang Kripto

Menurut SpacePirate Games, Steam ingin menyingkirkan semua game yang melibatkan transaksi menggunakan mata uang di dunia nyata, dan dalam hal ini termasuk NFT dan mata uang kripto.

"Mereka (Steam) tidak mengizinkan barang (item) yang memiliki nilai di dunia nyata untuk beredar di platform miliknya," ungkap SpacePirate Games.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, Age of Rust merupakan sebuah game yang menyediakan konten berupa teka-teki (puzzle). Apabila berhasil dipecahkan, beberapa teka-teki tersebut akan memberikan pemain hadiah berupa NFT.

Pemain dapat menukarkan NFT yang didapatkan melalui platform Enjin, yakni sebuah perusahaan yang membantu pengembang dalam mengintegrasikan NFT ke dalam produk mereka.

Namun dengan adanya kebijakan ini, pemain nampaknya tak lagi dapat mengunduh game Age of Rust melalui Steam.

Baca juga: Mengenal NFT, Aset Kripto yang Tengah Naik Daun

Selaku pihak yang terlibat, Enjin turut mengungkap rasa kekecewaannya terhadap Steam. Hal ini ditandai dengan sebuah cuitan yang diunggah Enjin beberapa waktu lalu.

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.