Ranking Kecepatan Internet 5 Operator Seluler Indonesia, Siapa Juaranya?

Kompas.com - 21/10/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi pengukur kecepatan internet Speedtest merilis laporan berisi peringkat kecepatan internet dari 5 operator seluler di Indonesia. Laporan ini dibuat berdasarkan data Speedtest Intelligence sepanjang kuartal-III 2021.

Speedtest menggunakan sampel ponsel yang ditenagai chip dengan teknologi jaringan terbaru untuk menghitung pengalaman serta performa internet dari operator seluler di Tanah Air.

Baca juga: Membandingkan Kecepatan Internet Indonesia dengan Negara Lain

Peringkat kecepatan disajikan dalam bentuk Speed Score yang 90 persen pembobotannya didasarkan pada kecepatan download, sementara 10 persen sisanya dari kecepatan upload. Penjelasan selengkapnya bisa disimak di laman ini.

Nah. menurut laporan Speedtest, rangkin kecepatan internet operator seluler di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Telkomsel menjadi operator seluler dengan kecepatan paling tinggi di Indonesia yaitu dengan Speed Score sebesar 30,49.
  2. Di posisi kedua ada Indosat Ooredoo dengan skor 25,68.
  3. Urutan ketiga ditempati oleh XL Axiata dengan skor kecepatan internet mencapai 23,93.
  4. Selanjutnya, Smartfren ada di urutan keempat dengan skor 19,03.
  5. Hutchison 3 (Tri) duduk di posisi kelima dengan skor 15,52.

Sebagai catatan, Telkomsel sendiri telah resmi menggelar jaringan 5G sejak Mei lalu. Sementara Indosat Ooredoo baru operator seluler kedua di Indonesia yang resmi menggelar 5G sejak bulan Juni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peringkat operator seluler dengan kecepatan tertinggi di Indonesiaspeedtest Peringkat operator seluler dengan kecepatan tertinggi di Indonesia

Peringkat konsistensi

Selain mengukur kecepatan, Speedtest juga mengukur tingkat konsistensi jaringan internet yang disediakan masing-masing operator seluler.

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Speedtest, Kamis (21/10/2021), skor konsistensi ini adalah atribut yang digunakan untuk mengidentifikasi penyedia layanan memberikan kualitas layanan yang stabil.

Untuk mengukur peringkat ini, Speedtest menggunakan angka ambang batas kecepatan unduh minimum 5 Mbps dan kecepatan upload minimum 1 Mbps.

Baca juga: 10 Negara dengan Internet Paling Kencang di Dunia Menurut Speedtest

Hasilnya, Telkomsel juga berada di urutan pertama yang memiliki skor konsistensi tertinggi, yakni 85,7 persen. Kemudian diikuti oleh XL Axiata dengan skor 82,7 persen. Operator seluler Indosat Ooredoo menempati peringkat ketiga dengan skor 82,6 persen.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Tri yang memiliki skor konsistensi 79,1 persen dan Smartfren di urutan kelima dengan skor 68,2 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Speedtest
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.