Kompas.com - 21/10/2021, 12:39 WIB
Ilustrasi CEO Xiaomi, Lei Jun dan logo Xiaomi. GSMArenaIlustrasi CEO Xiaomi, Lei Jun dan logo Xiaomi.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, Xiaomi resmi memperkenalkan anak perusahaan terbarunya yang bakal fokus di bisnis mobil listrik, yaitu Xiaomi EV (Electronic Vehicle)

CEO Xiaomi Lei Jun belakangan mengatakan bahwa Xiaomi bakal mulai memproduksi mobil listrik perdananya pada 2024 mendatang. Informasi tersebut disampaikan dalam sebuah event dengan investor, kemudian telah dikonfirmasi oleh Xiaomi.

Belum diketahui apakah produk mobil listrik bermerek Xiaomi bakal dirakit di pabrik perusahaan itu sendiri atau bakal mengandalkan mitra pembuat mobil listrik lainnya.

Baca juga: Xiaomi Resmi Terjun ke Bisnis Mobil Listrik

Namun, sejumlah laporan mengatakan bahwa kemitraan dengan pembuat mobil listrik merupakan langkah yang mungkin ditempuh Xiaomi, mengingat banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan di bisnis manufaktur mobil.

Xiaomi disebut akan bermitra dengan perusahaan otomotif di negara asalnya sendiri, yaitu Great Wall Motor. Kedua pihak tersebut juga disinyalir telah melakukan pembicaraan terkait kerja sama di bisnis EV.

Meski tanggal awal produksinya sudah diumbar, Xiaomi tampaknya masih menyimpan rapat-rapat informasi terkait kapan sebenarnya mereka bakal meluncurkan produk mobil listrik ini kepada konsumen secara luas (mass market).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Xiaomi investasi Rp 22 triliun untuk mobil listrik dalam 10 tahun

ilustrasi mobil listrik Teslaabtc.ng ilustrasi mobil listrik Tesla

Sebelumnya, Xiaomi sempat mengumumkan rencana untuk mengalokasikan investasi sebesar 10 miliar yuan atau sekitar Rp 22 triliun untuk unit bisnis baru tersebut selama sepuluh tahun ke depan.

Lei Jun pun turut menuturkan bahwa bisnis mobil listrik ini akan menjadi proyek besar terakhir Xiaomi yang dia pimpin.

"Saya bersedia mempertaruhkan semua reputasi pribadi saya dan berjuang untuk masa depan kendaraan listrik pintar kami (Xiaomi EV)," tutur Lei Jun dalam sebuah pernyataan beberapa waktu lalu.

Halaman:


Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.