Kompas.com - 22/10/2021, 07:09 WIB
Squid Game memperkenalkan sejumlah aspek kebudayaan Korea kepada penonton dari negara lain. REUTERS/KIM HONG=JI via ABC INDONESIASquid Game memperkenalkan sejumlah aspek kebudayaan Korea kepada penonton dari negara lain.

KOMPAS.com - Popularitas "Squid Game" di skala global rupanya ikut mengerek pendapatan Netflix, layanan streaming yang menayangkan serial asal Korea Selatan itu.

Baru-baru ini, Netflix mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal III-2021. Perusahaan video on demand itu mengklaim jumlah pelanggannya (subscriber) secara global melesat berkat Squid Game.

Jumlah pelanggan Netflix di seluruh dunia bertambah 4,38 juta di kuartal III-2021, membuat total pelanggannya menjadi 213,6 juta secara global.

Jumlah itu melampaui target Netflix sendiri dan estimasi dari para analis pasar, yang memprediksi jumlah pelanggan hanya akan bertambah 3,5 juta di kuartal III-2021.

Baca juga: Cari Film di Netflix Bisa Pakai Kode Rahasia, Begini Caranya

Separuh dari jumlah pelanggan baru disebut berasal dari kawasan Asia Pasifik, sementara pelanggan dari AS dan Kanada bertambah sekitar 700.000 pelanggan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Variety, Jumat (22/10/2021).

Pendapatan Netflix pun ikut terkatrol berkat penambahan pengguna tadi. Pada kuartal III-2021, Netflix meraup 7,48 miliar dollar AS atau sekitar Rp 105,7 triliun, naik 16 persen dari kaurtal II-2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara laba per dilusi saham menjadi 3,19 dollar AS (sekitar Rp 45.000), naik 83 persen dari kuartal sebelumnya.

Angka itu sesuai dengan prediksi para analis di Wall Street yang juga memprediksi EPS (earning per share) sebesar 2,56 dollar AS (sekitar Rp 36.000), berdasarkan data Refinitiv.

"Setelah daftar konten lebih sedikit di kuartal I dan II karena penundaan produksi akibat Covid-19 di tahun 2020, kami melihat dampak positif dari daftar konten yang lebih banyak di paruh kedua tahun ini," kata Netflix ke para investornya dalam surat pemegang saham kuartal.

Baca juga: Netflix Digugat ISP Korsel Gara-gara Squid Game

Untuk kuartal IV-2021 mendatang, Netflix memproyeksikan pendapatan bersih dari pembayaran (paid net) mencapai 8,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 120 triliun), jumlah yang sama dengan capaian global paid net Netlfix kuartal IV-2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.