Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update untuk Mengatasi AMD Ryzen yang Lambat di Windows 11 Sudah Bisa Diunduh

Kompas.com - 22/10/2021, 07:32 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com- Beberapa waktu lalu, pihak AMD mengonfirmasi sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 11, ternyata mengandung bug yang bisa menurunkan performa komputer dengan prosesor (CPU) buatannya.

Ada dua masalah yang disebut bakal dirasakan pengguna prosesor AMD, terutama seri Ryzen, yaitu penurunan performa pada sejumlah aplikasi dan game e-sports, serta kinerja aplikasi yang tak bisa berjalan dengan optimal.

Kini, Microsoft dan AMD akhirnya menyalurkan dua pembaruan (patch) untuk mengatasi dua masalah tersebut.

Baca juga: Windows 11 Bikin Lemot Komputer dengan Prosesor AMD Ryzen

Pembaruan pertama, yang hadir dalam format AMD chipset driver update versi 3.10.08.506, memperbaiki masalah sistem pemilihan inti CPU yang digunakan oleh aplikasi.

Sedangkan pembaruan kedua, yang hadir dalam format Windows 11 update dengan versi 22000.282 (KB5006746), memperbaiki anomali di sistem latency cache level-3 (L3).

Pembaruan pertama sudah bisa diunduh di tautan berikut ini, sementara itu pembaruan kedua, menurut keterangan di situs Microsoft, bisa diunduh dengan mengunjungi menu "Settings" > "Windows Update" di komputer pengguna masing-masin

Penjabaran masalah di komputer dengan CPU AMD yang menjalankan Windows 11.TomsHardware Penjabaran masalah di komputer dengan CPU AMD yang menjalankan Windows 11.

Dua bug kinerja AMD di Windows 11

Sebelumnya, AMD menjelaskan bahwa ada dua bug yang menjadi pemicu mengapa Windows 11 bisa bikin komputer dengan prosesor AMD lambat.

Pertama adalah latency cache L3 di prosesor yang meningkat hingga 3 kali lebih lama dibanding biasanya ketika komputer menjalankan Windows 11. Efeknya, menurut AMD, kinerja saat menjalankan aplikasi menurun antara 3 hingga 5 persen.

Dampak masalah ini lebih kentara saat komputer menjalankan game. AMD mengatakan penurunan kinerja bisa mencapai 10-15 persen di judul-judul game e-sports.

Baca juga: Menengok Tampilan Antarmuka Windows 11, Apa Saja yang Baru?

Permasalahan kedua berkaitan dengan sistem pemilihan inti CPU yang diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi (preferred core). Dampaknya, performa aplikasi yang sensitif terharap kinerja atau beberapa thread CPU bisa ikut terpengaruh.

Problem kedua ini lebih spesifik ditemukan di prosesor dengan jumlah core CPU lebih dari 8 buah dan TDP di atas 65 watt, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TomsHardware, Jumat (22/10/2021).

Adapun prosesor AMD yang terdampak salah satu atau kedua masalah di atas mencakup seluruh CPU AMD yang mendukung Windows 11, mencakup seri Ryzen 2000, 3000, 4000, hingga 5000 Series, juga lini Epyc dan Athlon terbaru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.