Kompas.com - 22/10/2021, 08:02 WIB
ilustrasi smartphone Android Tomsguide.comilustrasi smartphone Android

KOMPAS.com - Pemerintah baru saja menetapkan besaran minimal nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) baru untuk perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G, yakni sebesar 35 persen.

Angka itu lebih tinggi 5 persen dari nilai TKDN yang ditetapkan untuk perangkat 4G sebelumnya, yakni 30 persen.

Jadi ke depannya, perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G, smartphone misalnya, wajib mengandung 35 persen komponen lokal agar diizinkan untuk dijual dan diedarkan di Indonesia.

Dalam konferensi pers virtual pada Kamis (21/10/2021) siang, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengungkapkan alasan di balik keputusan peningkatan nilai TKDN tersebut.

Baca juga: iPhone 13 Lolos TKDN, Ini Perkiraan Harganya di Indonesia

"Ketentuan ini untuk memastikan dorongan dan dukungan konkret bagi produksi  komponen dan perangkat telekomunikasi 4G dan 5G di dalam negeri," kata Johnny.

Selanjutnya, kebijakan besaran minimal TKDN yang baru ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri perangkat telekomunikasi di Tanah Air, serta memastikan keterlibatan pemain lokal yang semakin tinggi pula di industri telekomunikasi dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan begitu, industri dalam negeri dapat lebih terlibat dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi berbasis teknologi 4G dan 5G," kata Menkominfo.

"Hal ini sebagaimana yang diamanatkan oleh Bapak Presiden agar Indonesia dapat menjadi smart player dalam pengembangan jaringan, baik jaringan 4G dan 5G," imbuh dia.

Skema TKDN

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) adalah nilai atau persentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah perangkat telekomunikasi.

Komponen tersebut bukan cuma soal hardware saja, tapi juga memperhitungkan software hingga tenaga kerja lokal.

Baca juga: Penjualan Smartphone 5G di Indonesia Tembus 500.000 Unit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.