Kompas.com - 22/10/2021, 17:33 WIB
Ilustrasi Gmail. TomsGuideIlustrasi Gmail.

KOMPAS.com - Pernah salah mengirim e-mail karena nama penerima yang dituju mirip-mirip dengan orang lain? Kejadian seperti itu berpotensi membikin malu, atau bahkan berisiko membocorkan informasi sensitif ke orang yang salah.

Untuk mencegah salah kirim e-mail, Google belakangan menambahkan serangkaian fitur baru di kolom "To", "Cc", dan "Bcc" di layanan Gmail.

Baca juga: Masuk Gmail dan YouTube Bakal Wajib 2FA, Tidak Bisa Cuma Password

Pengguna, misalnya, kini bisa meng-klik kanan nama penerima untuk melihat informasi detil tentang nama lengkap dan alamat e-mail.

Gmail akan menampilkan foto profil pada setiap pengguna e-mail.Google Gmail akan menampilkan foto profil pada setiap pengguna e-mail.
Kemudian, di samping nama pemerima akan ada avatar chip berupa foto agar pengguna lebih mudah untuk memastikan apakah akan mengirim e-mail ke orang yang benar atau tidak.

Supaya pengguna tidak salah mengirim e-mail ke orang di luar perusahaan, Gmail juga akan menandai nama penerima dengan highlight berwarna kuning.

Nama orang dari pihak luar yang pernah berinteraksi dengan pengguna akan diberi highlight kuning di kolom alamat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, untuk orang yang belum pernah berinteraksi, selain highlight kuning, Gmail juga akan menampilkan peringatan berupa banner di sisi bawah.

Google akan menambahkan fitur yang memungkinkan Gmail untuk menyorot alamat e-mail asing yang sebelumnya belum pernah berinteraksi dengan pengguna.Google Google akan menambahkan fitur yang memungkinkan Gmail untuk menyorot alamat e-mail asing yang sebelumnya belum pernah berinteraksi dengan pengguna.
Gmail juga akan dilengkapi dengan fitur pengecekan fakta yang dapat mengenali alamat e-mail dengan domain yang tidak sesuai.

Apabila terdapat alamat e-mail dengan penulisan yang tidak sesuai, maka Gmail tidak akan mengirimkan e-mail tersebut. Pengguna juga akan diberitahu untuk mengecek cara penulisan pada alamat e-mail tersebut.

Baca juga: Kirim E-mail di Gmail Bisa Dijadwalkan, Begini Caranya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog resmi Google, Jumat (22/10/2021), fitur-fitur baru ini telah dirilis secara berkala kepada pengguna yang memilih opsi Rapid Release Domain mulai 20 Oktober lalu.

Rencananya Google juga akan menggulirkan fitur anyar ini kepada seluruh pengguna Google Workspace, G Suite Basic, dan pengguna Google Business mulai 8 November mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.