Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy M52 5G

Kompas.com - 25/10/2021, 14:22 WIB
Samsung resmi menambah jajaran ponsel 5Gnya di Indonesia. Kini, giliran Galaxy M52 5G yang dibawa ke Tanah Air. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOSamsung resmi menambah jajaran ponsel 5Gnya di Indonesia. Kini, giliran Galaxy M52 5G yang dibawa ke Tanah Air.

KOMPAS.com - Samsung menambah jajaran ponsel 5G-nya di Indonesia. Setelah membawa Galaxy A52s 5G pada akhir Septermber lalu, giliran Galaxy M52 5G yang diboyong ke Tanah Air.

Galaxy M52 5G merupakan ponsel seri M dengan dukungan 5G pertama dari Samsung yang dibawa ke Indonesia.

Sebagai smartphone kelas menengah, Galaxy M52 5G dijual dengan harga normal Rp 5,4 juta. Selama periode flash sale hingga 31 Oktober 2021, Samsung membanderol Galaxy M52 5G dengan harga khusus yakni Rp 5 juta.

Galaxy M52 5G merupakan penerus dari Galaxy M51 yang dirilis tahun lalu. Ada spesifikasi yang dipangkas dari Galaxy M51, namun, ada juga yang ditingkatkan.

Contohnya adalah kapasitas baterai. Galaxy M51 dibekali baterai 7.000 mAh, sementara di Galaxy M51 5G, kapasitas baterai tersebut dipangkas menjadi 5.000 mAh. Meski "disunat", kapasitas baterai tersebut masih tergolong besar untuk sebuah ponsel.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy A52s 5G

Sementara spesifikasi yang ditingkatkan di antaranya adalah chipset dan adanya dukungan koneksi 5G.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KompasTekno pun berkesempatan mendapat Galaxy M52 5G versi ritel di Indonesia. Berikut ini adalah pengalaman singkat kami membuka kotak kemasan dan menggenggam Samsung Galaxy M52 5G.

Kemasan dan isi kotak

Bagian dalam kotak kemasan Samsung Galaxy M52 5G ketika pertama kali dibuka. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Bagian dalam kotak kemasan Samsung Galaxy M52 5G ketika pertama kali dibuka.
Galaxy M52 5G tampil dengan kemasan yang serupa dengan ponsel Galaxy kebanyakan. Kotak kemasan didominasi warna putih dengan gambar perangkat di bagian depan.

Terdapat tulisan "Galaxy M52 5G" di sisi kiri dan keterangan kapasitas RAM serta penyimpanan di bagian bawah. Sebagai informasi, unit yang KompasTekno dapatkan memiliki RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Sementara bagian belakang kotak kemasan terlihat polos. Biasanya, beberapa brand smartphone mencantumkan informasi spesifikasi RAM/penyimpanan di bagian belakang untuk mempermudah. Informasi ini di kotak Galaxy M52 ditaruh di sisi samping.

Samsung hanya menyertakan aksesori berupa charger, kabel USB A ke USB C, SIM ejector, serta buku panduan di dalam kotak kemasan.

Baca juga: Syarat TKDN Jadi 35 Persen, Apakah Harga Ponsel Akan Naik?

Charger yang dibawa di dalam kotak, memiliki keluaran daya 15W, meski Galaxy M52 5G sejatinya sudah mendukung fast charging hingga 25 W.

Dalam kotak kemasan, Samsung menyertakan charger dengan keluaran daya 15W, meskipun Galaxy M52 5G sudah mendukung fast charging 25W. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Dalam kotak kemasan, Samsung menyertakan charger dengan keluaran daya 15W, meskipun Galaxy M52 5G sudah mendukung fast charging 25W.

Tidak ada earphone dan softcase di dalam kotak kemasan. Sehingga, pengguna harus membeli kedua aksesori tersebut secara terpisah.

Perlu dicatat bahwa Samsung Galaxy M52 5G juga tidak memiliki jack audio 3,5 mm. Pengguna wajib memerhatikan hal ini jika ingin membeli earphone secara terpisah.

Bobot ringan

Kesan yang kami dapat saat pertama kali menggenggam Galaxy M52 5G adalah ponsel ini memiliki bobot yang ringan. Mengacu pada halaman GSM Arena, Galaxy M52 5G memiliki berat sekitar 173 gram dengan dimensi fisik 164,2 x 76,4 x 7,4 mm.

Bobot tersebut memang lebih enteng ketimbang ponsel sekelasnya. Sebagai perbandingan, Galaxy A52s 5G yang punya spesifikasi dan harga yang serupa, memiliki berat 189 gram. Padahal, dimensi fisik dan ukuran layar Galaxy M52 5G lebih besar ketimbang Galaxy A52s 5G.

Samsung hanya menyertakan aksesori berupa charger dan kabel USB A ke USB C dalam kotak pembelian. Tidak ada earphone dan softcase di dalam kotak. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Samsung hanya menyertakan aksesori berupa charger dan kabel USB A ke USB C dalam kotak pembelian. Tidak ada earphone dan softcase di dalam kotak.

Bobot ringan inilah yang membuat Galaxy M52 5G nyaman ketika digenggam dan dibawa di dalam saku. Dengan baterai 5.000 mAh, ketebalan Galaxy M52 5G pun masih terlihat cukup ramping sehingga menambah rasa nyaman dalam genggaman.

Meski demikian, pengguna wajib hati-hati saat menggenggam Galaxy M52 5G. Pasalnya, bagian belakang ponsel terasa cukup licin, apalagi, saat tangan mulai berkeringat.

Baca juga: Oppo, Samsung, Vivo, dan Xiaomi Komentari Kenaikan TKDN Ponsel 4G dan 5G

Bobot ponsel yang ringan, layar seluas 6,7 inci, serta permukaan bagian belakang licin adalah kombinasi pas yang meningkatkan risiko ponsel jatuh dari genggaman. Apalagi, Samsung tidak menyertakan softcase di dalam kotak kemasan.

Desain cantik

Galaxy M52 5G memiliki warna yang mengilat. Bekas jari pengguna cukup mudah menempel di bagian belakang ponsel ini. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Galaxy M52 5G memiliki warna yang mengilat. Bekas jari pengguna cukup mudah menempel di bagian belakang ponsel ini.
Meski terasa licin, bagian belakang Galaxy M52 5G tampaknya memang didesain agar terlihat cantik.

Galaxy M52 5G yang kami coba adalah varian warna Light Blue dan memiliki aksen garis-garis. Dengan tampilan yang mengilat, ada kesan mewah yang muncul dari ponsel ini.

Namun konsekuensinya, sidik jari pengguna tentu lebih mudah membekas dan terlihat kotor saat digunakan. Kendati demikian pengguna tidak perlu khawatir. Sebab, bekas sidik jari tersebut mudah dibersihkan dengan lap.

Dari segi bentuk dan tampilan, keempat sudut ponsel ini terlihat membulat. Selain sudut membulat, bagian tepi ponsel juga dibuat melengkung, sehingga, hal ini membuat Galaxy M52 5G lebih nyaman saat digenggam.

Di sisi kiri ponsel terdapat laci untuk kartu SIM dan MicroSD (hybrid). Pengguna harus memilih apakah ingin menggunakan dua kartu SIM sekaligus, atau satu kartu SIM dengan satu MicroSD.

Samsung Galaxy M52 5G dibekali slot kartu SIM hybrid. Pengguna bisa menggunakan dua Nano SIM sekaligus atau satu kartu SIM dengan satu MicroSD. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Samsung Galaxy M52 5G dibekali slot kartu SIM hybrid. Pengguna bisa menggunakan dua Nano SIM sekaligus atau satu kartu SIM dengan satu MicroSD.
Sementara di sisi kanan, terdapat tombol volume naik dan turun, serta tombol power yang merangkap pemindai sidik jari sebagai kunci keamanan.

Kemudian di bagian bawah terdapat port USB C dan speaker. Tidak ada jack audio 3,5 mm di Galaxy M52 5G.

Bicara soal keamanan, pemindai sidik jari Galaxy M52 5G ini dapat bekerja dengan cepat, tapi memang bukan yang terbaik.

Pasalnya, sensor dapat membaca sidik jari dengan cepat saat jari dalam kondisi kering. Basah sedikit pada jari, akan memengaruhi kecepatan sensor dalam memindai. Hal ini tentu dapat dimaklumi.

Baca juga: Samsung Dilarang Jual Smartphone Lipat di Rusia

Saat KompasTekno mencoba membuka kunci dengan jari yang sedikit basah oleh keringat, berkali kali sensor gagal membaca sidik jari. 

Layar 120 Hz

Samsung Galaxy M52 5G merupakan ponsel seri M  dengan dukungan jaringan 5G pertama yang masuk Indonesia. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Samsung Galaxy M52 5G merupakan ponsel seri M dengan dukungan jaringan 5G pertama yang masuk Indonesia.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Galaxy M52 5G dibekali layar Super AMOLED seluas 6,7 inci (1.080 x 2.400 piksel) dengan resolusi Full HD Plus. Di bagian atas terdapat sebuah punch hole yang memuat kamera 32 megapiksel.

Galaxy M52 5G dapat menampilkan gambar dengan tingkat kecerahan dan kontras warna yang cukup apik. Saat digunakan di bawah terik matahari, objek di dalam layar masih bisa terlihat dengan jelas.

Galaxy M52 5G juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz, sehingga, gerakan saat menggeser layar, pindah aplikasi, serta tampilan animasi terlihat mulus ketika digunakan.

Selain itu, layar Galaxy M52 5G juga sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 yang tahan terhadap goresan.

Jika dilihat, layar Galaxy M52 5G masih menyisakan bingkai hitam di sekeliling layar. Meskipun bingkai tersebut tidak begitu tebal, namun artinya layar Galaxy M52 5G tidak memenuhi seluruh bagian depan perangkat.

Samsung Galaxy M52 5G yang memiliki tiga varian warna, salah satunya adalah Light Blue (biru) dengan corak garis. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Samsung Galaxy M52 5G yang memiliki tiga varian warna, salah satunya adalah Light Blue (biru) dengan corak garis.

Spesifikasi dan harga di indonesia

Jika Anda berencana membeli Samsung Galaxy M52 5G, ada baiknya melihat tabel spesifikasi berikut ini sebagai bahan pertimbangan:

Layar Super AMOLED 6,7 inci (1.080 x 2.400 piksel) Full HD Plus, Refresh rate 120 Hz, Infinity-o display, Corning Gorilla Glass 5
Dimensi 164.2 x 76.4 x 7.4 mm (6.46 x 3.01 x 0.29 in)
Bobot 173 g
System-on-chip Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6 nm),
CPU: Octa-core (1x2.4 GHz Kryo 670 & 3x2.2 GHz Kryo 670 & 4x1.90 GHz Kryo 670) GPU: Adreno 642L
RAM/Penyimpanan 8 GB/128 GB
Kamera Depan 32 MP, f/2.2, (wide)
Kamera Belakang 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
12 MP, f/2.2, 123?, (ultrawide)
5 MP, f/2.4, (macro)
Sistem Operasi Android 11, One UI 3.1
Baterai 5.000 mAh (fast charging 25W). Charger 15W dalam kotak kemasan
Kartu SIM Hybrid Dual SIM (Nano SIM)
Warna Light Blue, Black, dan White.
Fitur lain NFC, Fingerprint Scanner (side-mounted), speaker Dolby Atmos, USB Type-C, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), perekaman video 4K (30fps), dan Samsung Knox.
Harga di Indonesia

Rp 5.399.000 (harga normal)

Rp 4.999.000 (flash sale 25-31 Oktober 2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.