Kompas.com - 25/10/2021, 19:04 WIB
Wajah anjing Shiba Inu yang menjadi meme di sosial media. PinterestWajah anjing Shiba Inu yang menjadi meme di sosial media.

KOMPAS.com - Setelah nilainya melonjak gara-gara tweet Elon Musk, mata uang kripto (cryptocurrency) Shiba Inu pada akhir Oktober ini kembali menembus rekor harga tertinggi sepanjang sejarah keberadaannya.

Menurut sumber data Messari, harga koin Shiba Inu mencapai 0,0000455 dollar AS pada sesi perdagangan Minggu (24/10/2021).

Angka tersebut melampaui rekor harga tertinggi yang pernah dicapai koin Shiba Inu sebelumnya, yakni di level 0,0000388 pada 10 Mei lalu.

Baca juga: Elon Musk Ngetwit Gambar Anjing, Harga Kripto Shiba Inu Melonjak

Menurut situs CoinDesk, koin Shiba Inu berhasil tembus ke harga tertinggi sepanjang sejarahnya karena didorong oleh respons positif pasar, terhadap rumor yang menyebutkan bahwa koin Shiba Inu akan segera listing di platform Robinhood.

Kenaikan harga koin Shiba Inu mulai terlihat sejak awal Oktober ini. Berkat volume perdagangan yang besar, harganya melonjak lebih dari 200 persen pada pekan awal Oktober 2021.

Sementara dalam 24 jam terakhir ini, harga koin Shiba Inu dilaporkan meningkat hampir 50 persen, sehingga membuat koin uang digital itu mencatat kenaikan bulanan hampir 500 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pantauan KompasTekno di situs CoinMarketCap, Senin (25/10/2021) sore, harga koin Shiba Inu sudah kembali turun ke level 0,000039 dollar AS.

Pergerakan harga mata uang kripto Shiba Inu pada Senin (25/10/2021).coinmarketcap.com Pergerakan harga mata uang kripto Shiba Inu pada Senin (25/10/2021).
Shiba Inu pesaing Dogecoin

Sedikit tentang Shiba Inu, cryptocurrency ini menggunakan logo berupa gambar anjing Shiba Inu seperti Dogecoin.

Penciptanya memang sengaja membuat aset kripto dengan logo yang sama karena diciptakan memang untuk menjadi pesaing Dogecoin. Koin Shiba Inu diluncurkan tahun lalu.

Baca juga: Waspada, 8 Aplikasi Berkedok Penambang Kripto Bawa Malware Berbahaya

Harga koin Shiba Inu atau SHIB kala itu nyaris tak bernilai. Namun demikian, volume perdagangan dari koin yang diklaim sebagai 'Dogecoin Killer' tersebut mengalami lonjakan setelah diperdagangkan di platform seperti OKEx dan Binance.

Bulan ini, koin Shiba Inu jadi "bintang utama" mata uang kripto dengan kenaikan bulanan hampir 500 persen. Sementara, Dogecoin hanya tercatat naik 27 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CoinDesk, Senin.

Selain Shiba Inu, pada bulan Oktober ini, Bitcoin juga berhasil memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah dicapainya.

Baca juga: Apa Itu Dogecoin, Mata Uang Kripto Lelucon yang Dipromosikan Elon Musk

Pada perdagangan Rabu (20/10/2021), harga Bitcoin tercatat menembus 66.000 dollar AS atau sekitar Rp 931 juta per keping. Angka itu lebih tinggi dari rekor sebelumnya pada April 2021, saat Bitcoin diperdagangkan di kisaran 63.000 dollar AS (Rp 924 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CoinDesk
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.