Syarat yang Wajib Dipenuhi iPhone Lawas agar Tetap Bisa Pakai WhatsApp

Kompas.com - 26/10/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Mulai 1 November mendatang, iPhone dengan sistem operasi iOS lawas terancam tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp.

Melalui laman resminya, WhatsApp menginformasikan bahwa aplikasi tersebut tidak akan bisa dijalankan di iPhone dengan iOS 9 dan yang lebih lama.

iOS 9 sendiri merupakan pembaruan dari iOS 8 yang dirilis Apple tahun 2015. Peranti lunak itu kini berusia enam tahun. Apple sendiri sejatinya sudah menghentikan dukungan untuk iOS 9 sejak 2019.

Kendati demikian, kemungkinan masih ada beberapa model iPhone lama yang masih menjalankan iOS 9, yakni iPhone 4, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE generasi pertama.

Baca juga: Jadwal Rilis dan Daftar iPhone yang Kebagian iOS 15

Jika masih ingin menggunakan layanan WhatsApp, syarat yang harus dipenuhi pemilik iPhone di atas adalah harus segera memperbarui versi iOS minimal ke iOS 10 atau yang lebih baru.

"Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, kami menyarankan Anda untuk menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia di perangkat Anda," tulis WhatsApp dalam laman resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun perangkat yang masih didukung iOS 10 adalah iPhone 5 dan setelahnya.

Bagi pengguna iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE generasi pertama, ada baiknya melakukan update ke versi iOS terbaru, yakni iOS 15.

Seperti diberitakan sebelumnya, Apple memberi kesempatan pemilik iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE generasi pertama untuk merasakan iOS 15 yang baru dirilis bulan September lalu.

Baca juga: Apple Rilis iOS 15.0.2 untuk iPhone 6s Hingga iPhone 13

Ketiga model itu menjalankan iOS 9 ketika pertama kali dirilis 5-6 tahun lalu. Itu artinya, ketiga model sudah mengalami enam kali pembaruan iOS.

Cara cek dan update iOS

Untuk melihat versi iOS yang sedang dijalankan iPhone saat ini, bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Buka menu Setting/pengaturan.
  2. Klik opsi General/umum.
  3. Klik opsi About/tentang.
  4. Nantinya muncul informasi versi software yang dijalankan iPhone.

Sebelum melakukan update, pastikan daya dan kapasitas memori perangkat cukup, serta koneksi internet stabil agar proses unduhan dan instalasi berjalan lancar. Adapun cara update iPhone ke iOS versi baru bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Buka menu Setting/pengaturan.
  2. Klik menu software update/pembaruan perangkat lunak.
  3. Nantinya akan muncul versi iOS terbaru yang tersedia, klik unduh dan instal.
  4. Tunggu hingga proses unduhan dan instalasi rampung.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.