Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebijakan Baru Twitter, Semua Pengguna Kini Bisa Bikin Spaces

Kompas.com - 26/10/2021, 10:35 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Twitter menerapkan kebijakan baru bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur Spaces di platform-nya. Kini, semua pengguna bisa mulai menggunakan Spaces sebagai host, tanpa ada batasan jumlah minimal followers.

Sebelumnya, Twitter mensyaratkan akun harus memiliki setidaknya 600 followers (pengikut) untuk bisa memulai Spaces dan menjadi host.

Dengan kebijakan baru ini, semua pengguna atau akun Twitter sudah bisa menjadi host dan membuat ruang obrolan khusus di Spaces.

Kebijakan tersebut sejatinya resmi diterapkan oleh pihak Twitter sejak Jumat (22/10/2021) pekan lalu untuk pengguna global.

Baca juga: Twitter Akuisisi Sphere, Direct Message Bakal Lebih Canggih?

Dari pantauan KompasTekno, pengguna atau akun Twitter di Indonesia dengan jumlah followers di bawah 600, sudah bisa menjadi host dan membuat ruang obrolan Spaces sejak Senin (25/10/2021).

"Kami sekarang meluncurkan kemampuan ini (Spaces) untuk semua pengguna iOS dan Android. Bagi Anda yang ingin menjadi tuan rumah (host), simak cara-caranya di bawah ini," tulis @TwitterSpaces.

Tak cuma tersedia di aplikasi mobile, fitur Spaces juga bisa diakses melalui desktop alias lewat browser komputer atau laptop. 

Apa itu Twitter Spaces?

Spaces sendiri merupakan fitur berupa ruang obrolan berbasis audio yang memungkinkan pengguna mengajak followers atau orang-orang tertentu untuk berdiskusi di dalam sebuah forum khusus.

Twitter SpacesBlog Twitter Twitter Spaces
Lantaran fungsi dan sifatnya yang sama-sama berbasis audio, Twitter Spaces banyak disebut sebagai pesaing media sosial Clubhouse, yang beberapa bulan lalu tengah naik daun.

Bedanya dengan Clubhouse, daftar pendengar atau pembicara yang hadir di Spaces akan disusun dalam empat kolom. Pendengar bisa membagikan reaksi berupa emoji ketika diskusi sedang berlangsung.

Baca juga: Daftar Clubhouse Kini Tak Perlu Undangan

Pengguna yang berperan sebagai host atau moderator bisa memilih siapa saja partisipan yang boleh bergabung ke dalam ruang obrolan tersebut.

Ada tiga opsi yang bisa dipilih yaitu publik secara umum, orang yang Anda ikuti (following), atau orang tertentu yang Anda undang melalui fitur Direct Message (DM). Undangan diskusi virtual di Spaces juga dapat dibagikan lewat twit ataupun Direct Message (DM).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Twitter, Selasa (26/10/2021), untuk sementara Spaces hanya memungkinkan 13 orang bisa berbicara pada saat bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com