iPhone 12 Rusak Ditolak Servis Resmi, Bagaimana Ketentuan Apple?

Kompas.com - 26/10/2021, 11:04 WIB
ilustrasi Apple reuters.comilustrasi Apple

KOMPAS.com - Apple memiliki sejarah dituntut oleh penggunanya sendiri soal garansi perbaikan. Kini hal tersebut terulang kembali.

Seorang pemilik iPhone 12 di AS menggugat Apple karena tidak mau memperbaiki ponselnya yang rusak. Lantas bagaimana sebenarnya kebijakan Apple soal garansi perbaikan ini?

Theodore A. Kim, pemilik iPhone 12 yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat (AS) melayangkan gugatan kepada Apple lantaran perusahaan rintisan Steve Jobs ini disebut-sebut tak mau memperbaiki iPhone 12 miliknya yang rusak.

Akibat kejadian tersebut, Kim, mengajukan gugatan kepada Apple di Pengadilan Tinggi San Francisco, dan menuntut Apple membayar ganti rugi sebesar 1.383 dollar AS atau setara dengan Rp 19,5 juta, harga yang sama dengan iPhone 12 miliknya.

Baca juga: Apple Digugat karena Tolak Servis iPhone 12 Bergaransi

Gugatan bermula ketika iPhone 12 milik Kim mengalami masalah dalam membaca kartu SIM. Ia pun inisiatif untuk menelepon layanan pelanggan Apple.

Kim disarankan untuk membawa ponselnya yang bermasalah itu ke toko resmi Apple di sekitar wilayahnya. Dengan begitu, ponselnya bisa diservis. Sebab, menurut Kim, iPhone 12 miliknya masih dalam masa garansi yang mana baru akan berakhir pada akhir Oktober 2021 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kim bercerita, saat iPhone 12 miliknya di bawa ke toko Apple seperti yang disarankan, pegawai Apple justru menolak untuk memperbaikinya karena iPhone 12 milik Kim disebut sudah "dirusak".

"Jadi saya membawanya ke toko, dan mereka mengirimkannya ke bengkel perbaikan. Kemudian mereka kembali dan berkata, 'Ya, kami tidak akan memperbaikinya karena sudah dirusak'," kata Kim.

Ia pun kembali bertanya, "Dirusak dengan cara apa?". Sayangnya Kim tak memberikan detail jawaban dari pihak Apple terkait pertanyaannya ini.

Baca juga: iPhone Rusak Kini Boleh Diperbaiki di Tempat Servis Non-Resmi

Selain gagal mendapat perbaikan, Kim juga mengklaim, wadah kartu SIM di ponselnya justru rusak saat dikembalikan oleh karyawan Apple.

Halaman:


Sumber WCCF Tech
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.