Tesla Masuk Daftar Perusahaan 1 Triliun Dollar AS, Elon Musk Makin Tajir

Kompas.com - 26/10/2021, 16:32 WIB
CEO Tesla & SpaceX, Elon Musk businessinsider.comCEO Tesla & SpaceX, Elon Musk

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, kapitalisasi pasar Tesla tembus 1,03 triliun dollar AS, pada Senin (25/10/2021). Nilai kapitalisasi tersebut setara dengan Rp 14.184 triliun (kurs Rp 14.184 saat berita ini ditulis).

Hal ini dicapai Tesla berkat harga saham perusahaan yang menghijau selama Oktober 2021. Business Insider melaporkan, harga saham Tesla melonjak hampir 30 persen pada Oktober 2021.

Menurut data Yahoo Finance, pada sesi perdagangan Senin, saham Tesla ditutup pada level 1.024 dollar AS per lembar saham. Padahal di awal Oktober, saham Tesla masih diperdagangkan di sekitar level 772 dollar AS.

Baca juga: Elon Musk Makin Tajir, Kekayaannya Lebihi Gabungan Bill Gates dan Warren Buffet

Pergerakan harga saham Tesla selama bulan Oktober 2021.Yahoo Finance Pergerakan harga saham Tesla selama bulan Oktober 2021.
Kenaikan harga saham Tesla ini sendiri merupakan imbas positif dari dua faktor. Pertama adalah rekor keuntungan yang dicapai perusahaan.

Pada laporan keuangan kuartal III-2021 yang dipublikasi pada 20 Oktober lalu, Tesla melaporkan bahwa perusahaan mencatatkan rekor laba bersih sebesar 1,62 miliar dollar AS pada periode ini, atau setara Rp 22,69 triliun.

Laba bersih ini naik hampir lima kali lipat bila dibandingkan periode yang sama pada 2020 lalu (YoY), di mana Tesla hanya mencatat laba bersih 331 juta dollar AS (kira-kira Rp 4,7 triliun), sebagaimana dihimpun dari TechCrunch.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lonjakan harga saham Tesla juga merupakan respons positif dari pesanan 100.000 unit mobil Tesla dari perusahaan rental mobil, Hertz.

Tercepat kedua

Dengan pencapaian ini, Tesla dinobatkan sebagai perusahaan tercepat nomor dua di dunia yang berhasil mencapai kapitalisasi pasar senilai 1 triliun dollar AS, yakni 18 tahun sejak didirikan.

Perusahaan tercepat nomor satu yang berhasil mencapai tonggak sejarah valuasi 1 triliun dollar AS adalah Facebook pada Juni 2021 lalu, yakni 17 tahun sejak didirikan. Tapi baru-baru ini, kapitalisasi Facebook kembali turun ke angka 926 miliar dollar AS.

Baca juga: Apple Kini Jadi Perusahaan Terkaya Dunia Kalahkan Saudi Aramco

Dengan begitu, Tesla resmi masuk ke klub perusahaan terbesar di dunia dengan kapitalisasi lebih dari 1 triliun dollar AS. Tepatnya berada di peringkat keenam, mengambil alih posisi Facebook sebelumnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.