Sony Xperia Pro-I Resmi, Ponsel Berteknologi Kamera Mirrorless Sony

Kompas.com - 26/10/2021, 17:08 WIB
Sony Xperia Pro-1. SonySony Xperia Pro-1.

KOMPAS.com - Sony resmi mengumumkan kehadiran Xperia Pro-I sebagai ponsel flagship terbarunya. Ponsel ini mengunggulkan aspek kamera dengan fitur-fitur yang diambil dari lini kamera besutan Sony.

Xperia Pro-I misalnya, memiliki kamera utama dengan sensor gambar berukuran 1 inci seperti yang digunakan di seri kamera saku premium RX100, tapi resolusinya 12 MP.

Sensor itu dipasangkan dengan lensa Zeiss Tessar 24mm (ekuivalen full-frame) yang memiliki dual aperture, yakni f/2.0 dan f/4.0. Perubahan aperture akan mempengaruhi tingkat kecerahan gambar dan luas area fokus (depth-of-field).

Kamera utama Xperia Pro-I turut dibekali teknologi yang diambil dari lini kamera Sony, seperti Real-time Eye AF yang akan terus menerus mengunci fokus di mata subyek, baik manusia maupun hewan, termasuk ketika mereka bergerak.

Baca juga: Sony Diam-diam Rilis Xperia 10 III Lite, Harganya?

Untuk mendukung fungsi autofokus tersebut, Xperia Pro-I mengusung titik phase-detect AF sebanyak 315 (21x15) buah yang mencakup 90 persen area frame. Bahkan antarmuka aplikasi kamera ponsel ini juga sengaja dibuat agar mirip dengan UI kamera mirrorless Sony Alpha.

Selain kamera utama 24mm, Xperia Pro-I juga memiliki kamera ultra wide 12 MP (f/2.2, 16mm) dan kamera telephoto 12 MP (f/2.4, 50mm, zoom optis 2x), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Sony, Selasa (26/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konfigurasi kamera pada ponsel Sony Xperia Pro-1.Sony Konfigurasi kamera pada ponsel Sony Xperia Pro-1.

Fitur-fitur kamera lainnya termasuk Multi-Frame Noise Reduction, 12-bit RAW (hanya di kamera utama), Optical Image Stabilization (OIS) untuk kamera utama dan telephoto, serta perekaman video 4K dengan frame rate hingga 120 fps dan aspect ratio 21.9.

Dari segi desainnya sendiri, Xperia Pro-I nampak mengusung bodi yang serupa dengan Xperia Pro dengan dimensi 166 x 72 x 8,9 mm dan bobot mencapai 211 gram. Bedanya, kamera ponsel ini tidak disusun dalam sebuah modul.

Sisi depan Xperia Pro-I memiliki layar OLED 6,5 inci yang mendukung resolusi 3.840 x 1.644 piksel. Layar tersebut mendukung refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, dan dilindungi kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Baca juga: Kamera Mirrorless Sony A7 Mark IV Resmi, Dibekali Sensor 33 MP dan Bisa Video 4K 60 Fps

Di bagian atasnya, terdapat kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang diletakkan dalam sebuah punch hole. Sebuah tombol shutter khusus disediakan di bagian samping untuk mempermudah pengguna ketika ingin menjepret gambar.

Sektor dapur pacu Xperia Pro-I ditenagai chip Snapdragon 888, RAM 12 GB, memori internal hingga  512 GB, slot kartu memori microSDXC (hingga 1 TB), dan baterai 4.500 mAh yang mendukung fast charging via USB Type-C berdaya 30 Watt.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 11 dan sudah mengantongi sertifikasi anti air IPX5 dan IPX8, serta anti-debu IP6X. Spesifikasi lain dari Xperia Pro-1 mencakup konektivitas 5G, Wi-Fi 6 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth v5.2, NFC, port jack 3.5mm, dan Dolby Atmos.

Xperia Pro-I bisa dipesan (pre-order) mulai 28 Oktober dan akan dipasarkan di AS mulai Desember 2021. Banderol harganya adalah 1.800 dolar AS atau sekitar Rp 25,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.