Bocoran Benchmark CPU Intel Alder Lake, Lebih Ngebut dari Apple M1 Max dan AMD Ryzen 5980HX

Kompas.com - 27/10/2021, 07:44 WIB
Ilustrasi prosesor Intel Alder Lake. WccftechIlustrasi prosesor Intel Alder Lake.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Intel disinyalir bakal memperkenalkan prosesor (CPU) Core generasi ke-12  yang dijuluki "Alder Lake" dalam waktu dekat.

Menjelang peluncurannya, hasil benchmark Core i9 12900 HK, salah satu model CPU Alder Lake untuk laptop, tersebar di dunia maya.

Bahkan, sebuah laporan mengklaim bahwa CPU tersebut memiliki skor benchmark yang lebih tinggi dari dua prosesor laptop teratas dari Apple dan AMD saat ini, yaitu M1 Max dan Ryzen 5980HX.

Baca juga: Apple Perkenalkan Chip M1 Pro dan M1 Max, Apa Kehebatannya?

Berdasarkan pengujian di platform Geekbench 5.4.1, prosesor generasi terbaru Intel dengan varian Intel Core i9-12900HK memiliki skor benchmark mencapai 1.851 poin untuk kinerja single-core.

Kinerja single-core dari prosesor Intel Alder Lake versi Geekbench.Wccftech Kinerja single-core dari prosesor Intel Alder Lake versi Geekbench.

Angka ini lebih tinggi dibanding CPU Apple M1 Max, Intel Core i9-11980HK, dan AMD Ryzen 5980HX yang masing-masing memiliki kinerja single-core dengan skor 1.785, 1.616, dan 1.506 poin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil serupa juga terlihat di pengujian kinerja multi-core, di mana Intel Core i9-12900HK mampu mencetak skor benchmark 13.256 poin.

Baca juga: Update untuk Mengatasi AMD Ryzen yang Lambat di Windows 11 Sudah Bisa Diunduh

Angka ini lagi-lagi lebih tinggi dari CPU Apple M1 Max, Intel Core i9-11980HK, dan AMD Ryzen 5980HX yang masing-masing memiliki skor 12.753, 9.149, dan 8.217 poin untuk kinerja multi-core.

Kinerja multi-core dari prosesor Intel Alder Lake versi Geekbench.Wccftech Kinerja multi-core dari prosesor Intel Alder Lake versi Geekbench.

Belum bisa dipastikan apakah hasil benchmark ini akurat atau tidak. Terlebih, hasil benchmark ini hanya merupakan skor yang belum tentu merefleksikan kinerja dalam penggunaan sehari-hari.

Namun, konfigurasi terbaru dari CPU Intel Alder Lake sendiri disebut sebagai alasan di balik peningkatan performa prosesor mobile tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Wccftech, Rabu (27/10/2021), CPU Core generasi ke-12 dari Intel itu, terutama untuk model Intel Core i9-12900HK tadi, dikabarkan bakal mengusung arsitektur anyar bernama Intel 7 yang terdiri dari 14 inti (core) CPU.

Baca juga: Intel Pamer Kemampuan Arc, GPU Pesaing GeForce dan Radeon

Apabila mengacu pada pengujian di atas, prosesor tersebut 14,5 persen lebih ngebut dibanding generasi sebelumnya untuk kinerja single-core, serta 45 persen lebih cepat dibanding CPU Intel Core generasi ke-11 untuk kinerja multi-core.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WCCF Tech
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.