Perusahaan E-sports FaZe Clan Bersiap IPO dengan Valuasi 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 27/10/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi FaZe Clan. TheVergeIlustrasi FaZe Clan.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Perusahaan gaming, konten digital, sekaligus tim e-sports FaZe Clan, bersiap untuk melantai di bursa saham New York Stock Exchange (NASDAQ).

FaZe Clan akan melakukan penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) pada kuartal pertama 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan FaZe Clan dalam sebuah pengumuman di halaman resmi fazeclan.com. Di sana, disebutkan bahwa organisasi e-sports asal Amerika Serikat (AS) ini bakal IPO di NASDAQ dengan kode "FAZE".

Namun, proses IPO organisasi e-sports ini tidak melalui jalur umum.

Agar bisa menjadi sebuah perusahaan publik, FaZe Clan akan bergabung dengan perusahaan asal AS, B. Riley Principal 150 Merger Corporation dan melakukan IPO melalui perusahaan cangkang atau cek kosong (SPAC) tersebut.

Baca juga: Perkenalkan Matagi Snipers, Tim E-sports Lansia Asal Jepang

Dengan penggabungan ini, FaZe Clan akan mengubah nama perusahaan menjadi FaZe Holdings Incorporation. Valuasi perusahaan setelah keduanya merger ditaksir mencapai 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,1 triliun).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan kesepakatan ini, FaZe Clan sendiri menyebut bakal mendapatkan dana 291 juta dollar AS (sekitar Rp 4,1 triliun) untuk mengembangkan bisnis e-sports, konten, gaming, hiburan, dan lain sebagainya secara global dan multi-platform.

Sebagai informasi, FaZe Clan lebih dikenal penggemar dengan organisasi e-sports yang memiliki tim yang berkompetisi di sejumlah game PC populer. 

Beberapa di antaranya seperti Call of Duty, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Fortnite, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), dan masih banyak lagi.

Jumlah penggemarnya, menurut pihak FaZe Clan, sudah mencapai sekitar 350 juta orang yang tersebar di berbagai media sosial, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Ini Dia 8 Game E-sports yang Dipertandingkan di Asian Games 2022

Meski bakal IPO 2022 mendatang, FaZe Clan sendiri ternyata bukan perusahaan e-sports pertama yang go public.

Pada Mei lalu, organisasi e-sports asal Denmark, Astralis "mencuri start" dan menjadi perusahaan e-sports pertama yang IPO di NASDAQ.

Perusahaan yang memiliki tim e-sports di game CS:GO tersebut tergabung dengan ratusan perusahaan lainnya melalui aset di NASDAQ dengan kode OTCQX.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.