Seluruh Pengguna Instagram Kini Bisa Pasang Link di IG Stories

Kompas.com - 29/10/2021, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Sejak akhir Agustus lalu, Instagram mengganti cara menaruh link di IG Stories yang semula "swipe up" menjadi stiker link. Awalnya, fitur ini juga hanya bisa dinikmati pengguna Instagram dengan followers di atas 10.000.

Karena jumlah minimum followers inilah fitur stiker link tersebut biasanya hanya digunakan oleh influencer, pengguna akun bisnis, atau akun yang sudah terverifikasi. Namun, fitur tersebut kini bisa dinikmati oleh semua pengguna Instagram.

Kabar ini dibagikan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri melalui akun Instagram pribadinya (@mosseri). Ia mengatakan fitur stiker link ini sudah bisa digunakan semua pengguna tanpa ada jumlah minimal followers

"Hari ini, kami meluncurkan fitur Link Sticker secara global. Fitur ini bisa digunakan oleh semua pengguna untuk membagikan tautan dalam stories, berapa pun jumlah pengikutnya," tulis Mosseri dalam unggahan di akun Instagram-nya.

Baca juga: Nama Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp Ganti Jadi Meta?

Dari pantauan KompasTekno, fitur ini pun sudah bisa dinikmati di Indonesia. KompasTekno mencoba menyematkan link IG Stories di akun dengan followers yang hanya mencapai angka ratusan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adam Mosseri (@mosseri)

Cara kerja stiker link

Fungsi dari stiker link ini sejatinya sama seperti "swipe up". Perbedaannya terletak dari cara membuka link yang disematkan.

"Swipe up" pengguna harus mengusap layar dari bawah ke atas saja untuk membuka tautan. Sementara dengan stiker link ini, pengikut cukup mengetuk link yang tertera di IG Stories.

Dengan adanya stiker link, followers masih bisa merespons unggahan Instagram Stories dengan memberi komentar via pesan langsung (DM) atau reaksi berupa emoji.

Sebelumnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan saat Instagram masih menggunakan mekanisme "swipe up".

Dibandingkan mekanisme "swipe up", penggunaan stiker untuk memuat tautan menawarkan kelebihan tersendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.