Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Pengguna Instagram Kini Bisa Pasang Link di IG Stories

Kompas.com - 29/10/2021, 10:27 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak akhir Agustus lalu, Instagram mengganti cara menaruh link di IG Stories yang semula "swipe up" menjadi stiker link. Awalnya, fitur ini juga hanya bisa dinikmati pengguna Instagram dengan followers di atas 10.000.

Karena jumlah minimum followers inilah fitur stiker link tersebut biasanya hanya digunakan oleh influencer, pengguna akun bisnis, atau akun yang sudah terverifikasi. Namun, fitur tersebut kini bisa dinikmati oleh semua pengguna Instagram.

Kabar ini dibagikan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri melalui akun Instagram pribadinya (@mosseri). Ia mengatakan fitur stiker link ini sudah bisa digunakan semua pengguna tanpa ada jumlah minimal followers

"Hari ini, kami meluncurkan fitur Link Sticker secara global. Fitur ini bisa digunakan oleh semua pengguna untuk membagikan tautan dalam stories, berapa pun jumlah pengikutnya," tulis Mosseri dalam unggahan di akun Instagram-nya.

Baca juga: Nama Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp Ganti Jadi Meta?

Dari pantauan KompasTekno, fitur ini pun sudah bisa dinikmati di Indonesia. KompasTekno mencoba menyematkan link IG Stories di akun dengan followers yang hanya mencapai angka ratusan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adam Mosseri (@mosseri)

Cara kerja stiker link

Fungsi dari stiker link ini sejatinya sama seperti "swipe up". Perbedaannya terletak dari cara membuka link yang disematkan.

"Swipe up" pengguna harus mengusap layar dari bawah ke atas saja untuk membuka tautan. Sementara dengan stiker link ini, pengikut cukup mengetuk link yang tertera di IG Stories.

Dengan adanya stiker link, followers masih bisa merespons unggahan Instagram Stories dengan memberi komentar via pesan langsung (DM) atau reaksi berupa emoji.

Sebelumnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan saat Instagram masih menggunakan mekanisme "swipe up".

Dibandingkan mekanisme "swipe up", penggunaan stiker untuk memuat tautan menawarkan kelebihan tersendiri.

Misalnya, kreator bisa memilih aneka bentuk dan ukuran stiker, lalu menempatkannya di mana saja di dalam konten Stories untuk meningkatkan engagement.

Baca juga: Nama Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp Ganti Jadi Meta?

Untuk menikmati fitur Link Sticker, pengguna Android maupun iOS harus meng-update aplikasi Instagram mereka terlebih dahulu ke versi yang paling baru.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, sejumlah pengguna Instagram di Indonesia yang jumlah followersnya di bawah 10.000, sudah bisa menggunakan fitur Link Sticker sejak Jumat (29/10/2021).

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Link Sticker untuk menautkan link di Instagram Stories? Berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, pastikan aplikasi Instagram Anda sudah diperbarui.
  • Kemudian, buka aplikasi Instagram dan pilih fitur Story seperti biasa, yakni dengan menggeser layar ke kanan atau klik gambar profile di pojok kiri atas.
  • Siapkan foto atau video yang akan diunggah di Instagram Stories. Anda juga bisa mengambil foto/video dengan fitur kamera di aplikasi Instagram.
  • Kali ini, KompasTekno telah menyiapkan satu gambar yang diambil dari galeri foto.
  • Setelah foto dipilih, klik ikon stiker (kotak tersenyum) pada bagian atas. Lalu scroll layar untuk menemukan opsi "Link".

Cara menggunakan fitur Link Sticker untuk menautkan link di Instagram StoriesKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara menggunakan fitur Link Sticker untuk menautkan link di Instagram Stories

  • Selanjutnya, masukkan link atau tautan website yang Anda kehendaki di kolom "URL" yang tersedia.
  • Anda juga bisa melihat preview link yang sudah Anda cantumkan tadi.
  • Jika semua tahapan selesai, Anda bisa langsung meng-klik tombol "Done" yang berada di pojok kanan atas.
  • Sebelum diunggah, stiker link bisa diatur posisinya maupun ukurannya (resize) sesuai dengan keinginan Anda.
  • Setelah mengatur posisi dan ukuran stiker, Anda tinggal mengklik "Send To" untuk mengunggah foto tersebut ke Instagram Stories.
  • Nantinya, Instagram Stories Anda akan tampil dengan stiker link yang sudah dibuat tadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com