Kompas.com - 29/10/2021, 13:28 WIB
Ilustrasi logo Meta, nama baru perusahaan induk Facebook. Foto diambil pada 28 Oktober 2021 di Los Angeles, Amerika Serikat, menampilkan seseorang mengakses Facebook dengan ponsel pintar di depan layar komputer yang memperlihatkan logo Meta. AFP PHOTO/CHRIS DELMASIlustrasi logo Meta, nama baru perusahaan induk Facebook. Foto diambil pada 28 Oktober 2021 di Los Angeles, Amerika Serikat, menampilkan seseorang mengakses Facebook dengan ponsel pintar di depan layar komputer yang memperlihatkan logo Meta.

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan perusahaan baru, Meta Platforms Inc.sebagai pengganti Facebook Inc., yang menaungi Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Perubahan nama ini salah satunya bertujuan agar perusahaannya memiliki identitas baru yang sejalan dengan visi masa depannya, yaitu menjadi perusahaan metaverse.

Itulah sebabnya, nama baru "Meta" sebagai pengganti Facebook Inc. ini juga diambil dari penggalan kata "metaverse".

Baca juga: Facebook Ingin Kembangkan Metaverse, Apa Itu?

Perubahan nama Facebook ini juga membawa perubahan logo. Jempol "Like" ikonik Facebook kini berubah menjadi logo Meta yang menyerupai pita berbentuk angka delapan.

Lantas apa arti logo Meta, yang gantikan logo jempol khas Facebook?

Arti logo Meta

Kata "meta" sendiri berasal dari kata Yunani yang berarti "melampaui". Meta juga menjadi sebuah prefiks/awalan, yang artinya "setelah" atau "sesudah", berlaku atau berubah menjadi tingkat yang lebih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah karyawan Facebook terlihat berfoto bersama di depan logo baru perusahaan, setelah Zuckerberg resmi mengubah nama perusahaan induk Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc pada Kamis, (28/10/2021).(AP Photo/Tony Avelar) Sejumlah karyawan Facebook terlihat berfoto bersama di depan logo baru perusahaan, setelah Zuckerberg resmi mengubah nama perusahaan induk Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc pada Kamis, (28/10/2021).

Dikutip KompasTekno dari BBC, Jumat (29/10/2021), Meta juga dalam kultur pop dapat diartikan untuk menyebut apabila sesuatu menjadi sadar akan dirinya sendiri (self-aware).

Untuk logo sendiri, Meta terlihat mengusung simbol pita membentuk angka delapan, yang menyerupai lambang infinite (tidak terbatas) atau pita mobius. Logo tersebut dibubuhi dengan warna biru khas Facebook.

Baca juga: Zuckerberg dan Karyawan Facebook Selfie dengan Logo Meta

Dari sini, pemilihan nama "Meta" sebagai pengganti "Facebook Inc." seperti menginsyaratkan bahwa perusahaan ingin melampaui apa yang sudah dilakukan perusahaan sejak berdiri 17 tahun lalu hingga saat ini, dan menuju yang tak terbatas.

Kini, logo baru "infinite" tersebut sudah dipajang di depan kantor pusat Meta yang berlokasi di Menlo Park, California, AS, sebagaimana

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.