Kompas.com - 29/10/2021, 14:08 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Apple meluncurkan iPhone SE generasi kedua pada 2020 lalu. Kini, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) tersebut dikabarkan tengah mempersiapkan iPhone SE generasi ketiga.

iPhone SE 3 konon akan diperkenalkan pada 2022 mendatang. Bocoran mengenai spesifikasi iPhone SE 3 pun sudah mulai beredar di dunia maya, salah satunya muncul dari sebuah situs asal China, mydrivers.

Situs tersebut mengatakan bahwa dari segi desain, iPhone SE 3 bakal mengusung layar LCD, alih-alih OLED, dengan ukuran 4,7 inci, sama seperti tampilan iPhone 8. iPhone ini konon bakal menjadi iPhone terakhir yang menggunakan panel LCD.

Namun, disebutkan juga rumor yang menyebut bahwa iPhone SE 3 bakal memiliki layar yang lebih besar dari iPhone 8, yaitu 5,7 - 6,1 inci, dengan jenis dan bentuk layar, serta desain bodi yang menyerupai iPhone XR.

Baca juga: iPhone 13 Bisa Dipesan Mulai 12 November di Indonesia, Ini Perkiraan Harganya

Artinya, bezel di sekeliling layar iPhone 3 SE akan tipis, tidak seperti iPhone SE 2020 dengan "dahi" dan "dagu" yang tebal.

Meski disebut bakal mirip iPhone XR, poni atau notch lebar ikonik di ponsel anyar tersebut konon bakal digantikan dengan lubang punch hole. Jika benar, maka ini merupakan ponsel pertama Apple dengan kamera selfie yang dimuat di dalam lubang kamera.

Karena desain layarnya mirip iPhone XR, sensor biometrik Touch ID sendiri akan dipindahkan ke bagian bingkai ponsel, serupa dengan fitur Touch ID di jajaran produk iPad.

Beralih ke aspek hardware, iPhone SE 3 disinyalir bakal ditenagai dengan chipset yang membekali jajaran iPhone 13, yaitu Apple A15 Bionic, yang dilengkapi dengan dukungan konektivitas 5G pertama kalinya di seri iPhone SE.

Baca juga: Beli iPhone 13 Sekarang atau Tunggu iPhone 14?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Jumat (29/10/2021), iPhone SE 3 diprediksi bakal diluncurkan pada 2022 mendatang dengan banderol yang serupa dengan iPhone SE 2020, yaitu 400 dolar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Apple sendiri belum memberikan informasi terkait iPhone SE generasi berikutnya. Namun apabila benar, maka akan banyak peningkatan di iPhone SE generasi ketiga ini, apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun dengan harga yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.