Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi PeduliLindungi Diperbarui, Tampilan Lebih Segar dan Hemat Baterai

Kompas.com - 29/10/2021, 15:06 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi milik Kementerian Kesehatan yang berfungsi untuk tracing dan check-in ke berbagai tempat umum di masa pandemi Covid-19, PeduliLindungi disambangi dengan pembaruan (update) anyar.

Pembaruan dengan nomor versi 4.0.2 (Android) dan 4.0.3 (iOS) ini bisa dibilang merombak tampilan antarmuka (UI) utama aplikasi tersebut.

Kini, pengguna aplikasi PeduliLindungi tak lagi akan melihat tampilan peta di laman utama, melainkan desain UI yang lebih bersih, dengan berbagai ikon yang memiliki tampilan dan warna yang lebih segar.

Baca juga: PeduliLindungi Bakal Hadir di 11 Aplikasi, Sudah Muncul di Gojek dan Tokopedia

Selain itu, tampilan utama aplikasi PeduliLindungi juga kini lebih sederhana. Sejumlah fitur yang tersedia di versi lama kini dipindahkan ke berbagai ikon yang ukurannya tampak diperbesar, sebagaimana tampak dalam gambar berikut.

Perbandingan tampilan antarmuka (UI) versi lama dan baru di aplikasi PeduliLindungi.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Perbandingan tampilan antarmuka (UI) versi lama dan baru di aplikasi PeduliLindungi.

Ikon scan kode QR, misalnya, kini ditampilkan dalam sebuah in-app banner mencolok di bagian atas tampilan utama aplikasi.

Ikon tersebut sebenarnya dimuat di tempat yang sama pada versi sebelumnya, serta ditampilkan pula di menu ikon bagian bawah aplikasi. Namun, ukuran banner-nya sekarang jauh lebih besar sehingga akan langsung terlihat begitu aplikasi dibuka.

Lalu, menu berbasis tab pada versi sebelumnya yang muncul di bagian paling atas aplikasi, seperti "Statistik", "Home", dan "Akun" kini dihilangkan dan dipindahkan ke tempat lain.

Menu Statistik bisa dilihat melalui ikon "Statistik Covid-19" yang bisa diakses dengan meng-klik ikon "Lihat Semuanya".

Sementara itu, menu Akun bisa diakses dengan meng-klik nama pengguna masing-masing di bagian kiri atas UI utama PeduliLindungi. Dalam ilustrasi gambar di atas, tab Akun bisa diakses dengan meng-klik "Hai, Bill Clinten (nama pengguna)".

Adapun tab Home yang hilang kini merupakan bagian dari tampilan utama aplikasi PeduliLindungi itu sendiri.

Tak lagi melacak lokasi terus-menerus dengan GPS

Opsi Allow all the time yang hilang di menu izin lokasi aplikasi PeduliLindungi versi baru.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Opsi Allow all the time yang hilang di menu izin lokasi aplikasi PeduliLindungi versi baru.

Menariknya, berdasarkan pengujian KompasTekno, Jumat (29/10/2021), aplikasi PeduliLindungi versi terbaru juga kini tak akan melacak lokasi pengguna secara berkala dan terus menerus.

Hal ini bisa diketahui dengan melihat menu perizinan lokasi aplikasi tersebut, di mana opsi "Allow all the time" sudah dihilangkan.

Sebelumnya, pengguna aplikasi PeduliLindungi harus memilih opsi tersebut apabila ingin menggunakan aplikasi itu dengan lancar.

Baca juga: Cara Membuat Kode QR PeduliLindungi Tanpa Kirim E-mail

Sebagai gantinya, pengguna kini bisa memilih opsi "Allow only while using the app" di aplikasi PeduliLindungi versi terbaru, untuk mengizinkan aplikasi tersebut mendeteksi lokasi pengguna hanya ketika sedang dipakai saja.

Misalnya untuk memindai kode QR di tempat umum, melihat statistik Covid-19 di tempat sekitar, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, baterai ponsel punkemungkinan akan lebih awet lantaran fitur GPS yang berfungsi untuk mendeteksi lokasi pengguna tak akan dipaksa aktif terus-menerus di background..

Pengguna bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru di Play Store (Android) melalui tautan berikut. Versi iOS untuk iPhone tersedia di App Store lewat link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com