Aplikasi PeduliLindungi Diperbarui, Tampilan Lebih Segar dan Hemat Baterai

Kompas.com - 29/10/2021, 15:06 WIB
Pendaftaran vaksin Covid di aplikasi Pedulilindungi ITDCPendaftaran vaksin Covid di aplikasi Pedulilindungi
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi milik Kementerian Kesehatan yang berfungsi untuk tracing dan check-in ke berbagai tempat umum di masa pandemi Covid-19, PeduliLindungi disambangi dengan pembaruan (update) anyar.

Pembaruan dengan nomor versi 4.0.2 (Android) dan 4.0.3 (iOS) ini bisa dibilang merombak tampilan antarmuka (UI) utama aplikasi tersebut.

Kini, pengguna aplikasi PeduliLindungi tak lagi akan melihat tampilan peta di laman utama, melainkan desain UI yang lebih bersih, dengan berbagai ikon yang memiliki tampilan dan warna yang lebih segar.

Baca juga: PeduliLindungi Bakal Hadir di 11 Aplikasi, Sudah Muncul di Gojek dan Tokopedia

Selain itu, tampilan utama aplikasi PeduliLindungi juga kini lebih sederhana. Sejumlah fitur yang tersedia di versi lama kini dipindahkan ke berbagai ikon yang ukurannya tampak diperbesar, sebagaimana tampak dalam gambar berikut.

Perbandingan tampilan antarmuka (UI) versi lama dan baru di aplikasi PeduliLindungi.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Perbandingan tampilan antarmuka (UI) versi lama dan baru di aplikasi PeduliLindungi.

Ikon scan kode QR, misalnya, kini ditampilkan dalam sebuah in-app banner mencolok di bagian atas tampilan utama aplikasi.

Ikon tersebut sebenarnya dimuat di tempat yang sama pada versi sebelumnya, serta ditampilkan pula di menu ikon bagian bawah aplikasi. Namun, ukuran banner-nya sekarang jauh lebih besar sehingga akan langsung terlihat begitu aplikasi dibuka.

Lalu, menu berbasis tab pada versi sebelumnya yang muncul di bagian paling atas aplikasi, seperti "Statistik", "Home", dan "Akun" kini dihilangkan dan dipindahkan ke tempat lain.

Menu Statistik bisa dilihat melalui ikon "Statistik Covid-19" yang bisa diakses dengan meng-klik ikon "Lihat Semuanya".

Sementara itu, menu Akun bisa diakses dengan meng-klik nama pengguna masing-masing di bagian kiri atas UI utama PeduliLindungi. Dalam ilustrasi gambar di atas, tab Akun bisa diakses dengan meng-klik "Hai, Bill Clinten (nama pengguna)".

Adapun tab Home yang hilang kini merupakan bagian dari tampilan utama aplikasi PeduliLindungi itu sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.