Microsoft Disebut Siapkan Windows 11 SE untuk Saingi Chromebook

Kompas.com - 29/10/2021, 16:01 WIB
ilustrasi Windows 11 CNETilustrasi Windows 11
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah merilis sistem operasi (OS) Windows 11 ke publik pada awal Oktober lalu, muncuk kabar yang menyebutkan bahwa Microsoft bakal meluncurkan varian lain dari OS anyar tersebut.

Konon, OS itu bakal bernama Windows 11 SE yang diprediksi bakal menjadi pesaing dari ChromeOS, sistem operasi besutan Google yang digunakan di perangkat laptop Chromebook.

Baca juga: Windows 11 Tersedia Mulai Hari Ini dan Gratis, Begini Cara Download-nya

Sama seperti Chromebook pada umumnya, perangkat berbasis Windows 11SE konon bakal ditujukan untuk segmen edukasi dan bakal dibanderol dengan harga terjangkau.

Selain Windows 11SE, Microsoft kabarnya juga sedang menyiapkan laptop baru bernama Surface Laptop SE yang akan hadir dengan sistem operasi tersebut.

Berdasarkan rumor yang beredar, Surface Laptop SE dengan OS Windows 11 SE bakal dibekali dengan layar 11,6 inci dengan resolusi 1.366 x 768 piksel.  Performa laptop itu disinyalir bakal mengandalkan prosesor (CPU) Intel Celeron N4120 dan RAM hingga 8 GB.

Pada sektor konektivitas, Surface Laptop SE kabarnya bakal dibekali dengan konektor USB-A dan USB-C, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Cara Cek Apakah PC/Laptop Kita Bisa Windows 11 atau Tidak

Belum bisa dipastikan apakah rumor Windows 11 SE serta Surface Laptop SE ini akurat atau tidak. apabila benar-benar menyasar segmen pendidikan, maka perangkat tersebut tampaknya harus memiliki fitur yang bersaing dengan Chromebook dengan ChromeOS.

Terkait segmen edukasi, Microsoft sendiri sebelumnya sempat meluncurkan Surface Go dengan fitur S Mode yang ditargetkan bagi para pelajar. Banderolnya 400 dolar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Harga Surface Laptop SE, apabila benar-benar diluncurkan Microsoft, agaknya bakal berkisar di angka tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.