Mengenal Meta, Perusahaan Baru Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Kompas.com - 30/10/2021, 08:04 WIB
Ilustrasi logo Meta, nama baru perusahaan induk Facebook. Foto diambil pada 28 Oktober 2021 di Los Angeles, Amerika Serikat, menampilkan seseorang mengakses Facebook dengan ponsel pintar di depan layar komputer yang memperlihatkan logo Meta. AFP PHOTO/CHRIS DELMASIlustrasi logo Meta, nama baru perusahaan induk Facebook. Foto diambil pada 28 Oktober 2021 di Los Angeles, Amerika Serikat, menampilkan seseorang mengakses Facebook dengan ponsel pintar di depan layar komputer yang memperlihatkan logo Meta.

KOMPAS.com - Selamat tinggal Facebook Inc.

Induk perusahaan yang selama ini menanungi Facebook, WhatsApp, dan Instagram itu resmi berganti nama menjadi "Meta" Platfoms Inc. pada Jumat (29/10/2021).

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengungkapkan perubahan nama ini, salah satunya bertujuan agar perusahaannya memiliki identitas baru yang sejalan dengan visi masa depannya, yaitu menjadi perusahaan metaverse.

Itulah sebabnya, nama baru "Meta" sebagai pengganti Facebook Inc. ini juga diambil dari penggalan kata "metaverse".

Baca juga: Arti Logo Meta yang Gantikan Jempol Like Facebook

Dari sini, pemilihan nama "Meta" sebagai pengganti "Facebook Inc." seperti menginsyaratkan bahwa perusahaan ingin melampaui apa yang sudah dilakukan perusahaan sejak berdiri 17 tahun lalu hingga saat ini, dan menuju yang tak terbatas.

Dari perusahaan medsos jadi metaverse

Di bawah branding "Facebook Inc.", perusahaan memang sangat indentik dengan citra perusahaan media sosial. Mengingat memang dari sejarahnya, Facebook Inc. lahir berkat kesuksesan jejaring sosial Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baru disusul dengan kesuksesan media sosial lain yang diakuisisi Facebook Inc., yaitu WhatsApp dan Instagram, serta layanan pesan instan Messenger.

Padahal di sisi lain, Zuckerberg mengungkapkan, sebenarnya perusahaan mengaggap dirinya sendiri sebagai perusahaan teknologi, bukan perusahaan media sosial.

Sebagai perusahaan teknologi, Facebook ingin menghadirkan teknologi yang lebih mutakhir dari yang dimiliknya saat ini. Itulah mengapa Facebook menjadikan "metavese" sebagai visi sekaligus salah satu prioritas utama perusahaan.

Sebenarnya belum ada definisi pasti dari istilah apa itu metaverse.

Halaman:


Sumber BBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.