Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istilah Meta Sering Dipakai di Dunia Game, Apa Artinya?

Kompas.com - 30/10/2021, 20:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber dotesports

KOMPAS.com - Facebook baru-baru ini memperkenalkan nama anyar perusahaan induknya yang disebut Meta. Meski demikian, nama tersebut bisa dibilang bukan nama yang begitu asing di telinga pengguna, termasuk para gamer.

Meta, atau biasanya merupakan singkatan dari "Most Effective Tactics Available", merupakan istilah yang sering dipakai di dunia game, terutama game yang memiliki elemen kompetitif, di mana seorang pemain menggunakan strategi terbaik untuk menang.

Istilah ini ramai digunakan di berbagai macam game e-sports macam Dota 2, Mobile Legends, League of Legends, Hearthstone, Street Fighter, dan lain sebagainya. 

Namun apabila ditarik ke belakang, istilah meta sendiri pertama kali dicanangkan oleh seorang ilmuwan asal Inggris, Nigel Howard pada tahun 1960-an.

Baca juga: Arti Logo Meta yang Gantikan Jempol Like Facebook

Kala itu, ia menjabarkan sebuah konsep di dalam game bergenre strategi dan peperangan yang disebut metagame.

Metagame adalah sebuah teori di mana seorang pemain akan mencoba memenangkan sebuah pertandingan, atau menyelesaikan misi dalam sebuah game, dengan sejumlah opsi atau langkah terbaik yang bisa ditempuh.

Di dalam dunia militer, Nigel menggambarkan bahwa metagame bisa berbentuk sebagai upaya masing-masing negara untuk untuk menggunakan senjata terbaik, sehingga mereka bisa lebih unggul dari negara lainnya apabila ada peperangan. 

Sejak era Nigel hingga sekarang, arti dari metagame sendiri, atau singkatnya meta, terus berubah seiring berjalannya waktu dan perkembangan game.

Pada game berbasis papan (board game), misalnya, meta bisa berarti sebuah cara untuk megubah satu set aturan atau fungsi di dalam game demi memaksimalkan kepuasan bermain.

Kemudian di sebagian besar game kekinian, meta bisa diartikan sebagai cara untuk menggunakan karakter, senjata, item, atau elemen game lainnya yang dianggap sangat kuat (overpower).

Baca juga: Zuckerberg Ungkap Alasan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Dengan begitu, seseorang bisa memenangkan game tersebut dengan mudah memakai meta yang sedang

Meski demikian, meta di dalam game bisa saja memiliki arti berbeda, tergantung dengan elemen kompetitif apa yang ada di dalam game tersebut, sekaligus gameplay-nya masing-masing.

Meta di berbagai game populer

Ilustrasi gameplay PUBG MobileKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi gameplay PUBG Mobile

Di game Mobile Legends, meta bisa berarti menggunakan hero yang saat itu sedang overpower (OP) atau terlalu kuat dan susah dikalahkan demi mendapatkan kemenangan.

Karena overpower, maka tak aneh pemain ramai-ramai menggunakan hero tersebut, sehingga hero itu masuk ke dalam daftar hero yang sedang meta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber dotesports
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com