Kompas.com - 30/10/2021, 20:04 WIB
Empat skill dan pilihan senjata yang dimiliki Beatrix, karakter marksman di game Mobile Legends: Bang-Bang Gaming on PhoneEmpat skill dan pilihan senjata yang dimiliki Beatrix, karakter marksman di game Mobile Legends: Bang-Bang

KOMPAS.com - Facebook baru-baru ini memperkenalkan nama anyar perusahaan induknya yang disebut Meta. Meski demikian, nama tersebut bisa dibilang bukan nama yang begitu asing di telinga pengguna, termasuk para gamer.

Meta, atau biasanya merupakan singkatan dari "Most Effective Tactics Available", merupakan istilah yang sering dipakai di dunia game, terutama game yang memiliki elemen kompetitif, di mana seorang pemain menggunakan strategi terbaik untuk menang.

Istilah ini ramai digunakan di berbagai macam game e-sports macam Dota 2, Mobile Legends, League of Legends, Hearthstone, Street Fighter, dan lain sebagainya. 

Namun apabila ditarik ke belakang, istilah meta sendiri pertama kali dicanangkan oleh seorang ilmuwan asal Inggris, Nigel Howard pada tahun 1960-an.

Baca juga: Arti Logo Meta yang Gantikan Jempol Like Facebook

Kala itu, ia menjabarkan sebuah konsep di dalam game bergenre strategi dan peperangan yang disebut metagame.

Metagame adalah sebuah teori di mana seorang pemain akan mencoba memenangkan sebuah pertandingan, atau menyelesaikan misi dalam sebuah game, dengan sejumlah opsi atau langkah terbaik yang bisa ditempuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di dalam dunia militer, Nigel menggambarkan bahwa metagame bisa berbentuk sebagai upaya masing-masing negara untuk untuk menggunakan senjata terbaik, sehingga mereka bisa lebih unggul dari negara lainnya apabila ada peperangan. 

Sejak era Nigel hingga sekarang, arti dari metagame sendiri, atau singkatnya meta, terus berubah seiring berjalannya waktu dan perkembangan game.

Pada game berbasis papan (board game), misalnya, meta bisa berarti sebuah cara untuk megubah satu set aturan atau fungsi di dalam game demi memaksimalkan kepuasan bermain.

Kemudian di sebagian besar game kekinian, meta bisa diartikan sebagai cara untuk menggunakan karakter, senjata, item, atau elemen game lainnya yang dianggap sangat kuat (overpower).

Baca juga: Zuckerberg Ungkap Alasan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Halaman:


Sumber dotesports
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.