Meluncur 20 Tahun Lalu, Prototipe iPod Ternyata Sebesar MacBook

Kompas.com - 31/10/2021, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Tak terasa bulan Oktober 2021 ini menandai sudah 20 tahun berlalu sejak peluncuran iPod Classic pertama buatan Apple. Sejak dirilis pada 23 Oktober 2021, iPod dengan cepat menjadi pemutar musik digital populer kala itu.

Hal ini tak lepas dari desain mungil nan ringkas sehingga memudahkan pengguna untuk mendengarkan iPod dimanapun dan kapanpun, serta kemampuan untuk menyimpan ribuan lagu.

Namun, prototipe perangkat iPod ternyata jauh dari kesan kecil. Ukurannya justru demikian besar sehingga bisa dibandingkan dengan laptop.

Baca juga: Situs Ini Hadirkan iPod Virtual, Bisa Putar Musik dan Main Game

Gambar prototipe iPod generasi pertama itu pertama kali dipublikasi oleh Panic, sebuah situs web yang didedikasikan untuk aplikasi pengembang dan game.

Dalam laman resminya, Panic menyertakan sebuah gambar perangkat berwarna kuning dengan ukuran cukup besar. Ukuran fisiknya paling tidak empat kali lebih besar bila dibandingkan dengan iPod generasi pertama.

Prototipe iPod generasi pertama dibandingkan dengan iPod Classic 2001.panic.com Prototipe iPod generasi pertama dibandingkan dengan iPod Classic 2001.
Outlet media Entrepreneur memperkirakan prototipe iPod generasi memiliki ukuran sebesar MacBook saar ini, yaitu kira-kira 13 inci. 

Dari gambar juga terlihat prototipe iPod itu memiliki sebuah layar kecil, dilengkapi dengan aksen roda klik, serta empat tombol hitam dengan keterangan up, down, left, dan right.

Di sisi atas perangkat juga terlihat ada lubang colokan headphone untuk mendengarkan musik.

Ketika dibongkar, ternyata isi prototipe iPod itu relatif minimalis. Terlihat hanya ada beberapa kabel yang menghubungkan beberapa elemen di dalam iPod.

Baca juga: Sejarah Apple yang Tak Jadi Bangkrut karena Microsoft

Di salah satu komponen  terdapat stempel tanggal bertuliskan "2001.9.3".

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Blog Panic
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.