Viral Aplikasi Edit Foto Jadi Pengantin, Begini Cara Pakainya

Kompas.com - 01/11/2021, 11:24 WIB
Tangkap layar tren #editfotopengantin yang viral di TikTok. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoTangkap layar tren #editfotopengantin yang viral di TikTok.

KOMPAS.com - Media sosial selalu dipenuhi dengan berbagai tren baru. Misalnya, pada Maret lalu, aplikasi MyHeritage viral karena dapat membuat foto seolah menjadi hidup. Lalu Mei lalu, aplikasi Wombo menjadi viral dengan video lip-sync.

Nah, kini giliran aplikasi "Tempo - Face Swap Video Editor" yang viral di media sosial seperti TikTok, Instagram Reels, dan Facebook.

Aplikasi Tempo ini memiliki fitur yang dapat mengubah foto biasa menjadi foto pengantin lengkap dengan riasan (termasuk mahkota pengantin) dan baju pengantinnya.

Baca juga: Unggahan Viral Salah Pakai Emoji Tertawa untuk Berduka, Mana yang Benar?

Warganet pun ramai-ramai menggunakan aplikasi Tempo ini untuk melihat bagaimana rupa diri mereka ketika menggunakan riasan, mahkota, dan baju pengantin.

Di TikTok sendiri, tren dengan hashtag #editfotopengantin ini terpantau sudah mencapai 27,1 juta tayangan. Untuk bisa menyunting foto biasa menjadi foto pengantin dengan Tempo, ikuti panduan selengkapnya di bawah ini.

Cara edit foto pengantin

Cara edit foto biasa jadi foto pengantin di aplikasi Tempo.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara edit foto biasa jadi foto pengantin di aplikasi Tempo.

  1. Pertama, unduh aplikasi "Tempo - Face Swap Video Editor" di Play Store di tautan berikut bagi pengguna Android, atau App Store di tautan ini bagi pengguna iOS.
  2. Setelah aplikasi selesai diunduh, buka aplikasi Tempo. Lalu, ketik kata kunci "Bride" di kolom pencarian.
  3. Pilih template "Become a bride" untuk bisa edit foto pengantin secara gratis. Atau pengguna bisa berlangganan agar bisa memilih template pengantin lainnya di kategori "AI Face".
  4. Kemudian, klik "Use".
  5. Lalu pengguna perlu mengunggah satu foto selfie. Perlu diingat, foto selfie yang dipilih harus menampakkan wajah pengguna dengan jelas. Foto yang diuunggah tidak boleh menggunakan kacamata atau aksesori lainnya yang menutupi detail wajah.

    Baca juga: Canva Kini Punya Platform Khusus Edit Video

  6. Klik "Start uploading" untuk mengunggah foto dari galeri ponsel.
  7. Kemudian, foto akan diunggah dan di-edit secara otomatis menjadi video animasi pendek (zoom-out) dengan riasan dan gaun pengantin yang berangsur ditambahkan ke foto.
  8. Setelah proses edit selesai, video pengantin tersebut bisa disimpan ke galeri dan dibagikan ke media sosial.
  9. Bila ingin menyimpan dalam bentuk foto (still picture), pengguna tinggal melakukan screenshot dari video singkat tersebut setelah animasi transformasi selesai atau sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.