MacOS Monterey Bikin Sejumlah MacBook dan iMac Lawas Mati Total

Kompas.com - 02/11/2021, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada WWDC 2021 Juni lalu, Apple akhirnya merilis pembaruan sistem operasi (OS) desktop terbarunya, macOS Monterey ke publik pada 25 Oktober lalu. 

Meski demikian, pembaruan OS macOS 12 tersebut tampaknya dibekali dengan sebuah masalah (bug) yang membuat sejumlah komputer Mac (MacBook hingga iMac) model lawas mati total (bricked).

Setidaknya begitu menurut sejumlah pengguna MacBook yang belakangan ini berkeluh kesah di jejaring sosial Twitter, setelah mereka memperbarui macOS mereka dari Big Sur ke Monterey.

Baca juga: Jadwal Rilis MacOS Monterey dan Daftar Komputer Mac yang Kebagian

Beberapa pengguna MacBook dan MacBook Pro yang diproduksi tahun 2020 ke bawah, misalnya, mengatakan bahwa perangkat mereka mati total setelah memasang pembaruan macOS Monterey.

Ada pula seorang pengguna MacBook Air 2015 yang mengatakan bahwa perangkatnya mati setelah lima menit pemakaian. Ketika ingin dipakai kembali, perangkat itu bahkan terkadang tak mau menyala.

Di samping komputer portabel, pengguna iMac juga merasakan masalah yang sama. Seorang pengguna yang memiliki iMac 2017 mengatakan komputernya mati total setelah melakukan restart usai memperbarui OS ke macOS Monterey.

Model apa yang terdampak?

Tampilan MacOS MontereyApple Insider Tampilan MacOS Monterey

Sekadar informasi, macOS 12 mendukung sejumlah komputer Mac dengan model berikut ini:

  • MacBook, awal 2016 dan yang terbaru
  • MacBook Air, awal 2015 dan yang terbaru
  • MacBook Pro, awal 2015 dan yang terbaru
  • Mac Pro, akhir 2013 dan yang terbaru
  • Mac Mini, akhir 2014 dan yang terbaru
  • iMac, akhir 2015 dan yang terbaru
  • iMac Pro, tahun 2017 dan yang terbaru

Belum diketahui secara pasti MacBook atau iMac versi mana yang terdampak bug macOS Monterey ini. Sebab, Apple pun belum buka suara terkait masalah yang melanda sejumlah pengguna macOS terbarunya ini.

Baca juga: Update iOS 15.1 Meluncur, Ini Fitur Baru dan Daftar Bug yang Diperbaiki

Yang jelas, bug tersebut diklaim tak mempengaruhi jajaran Macbook atau iMac yang ditenagai dengan chip bikinan Apple, M1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Selasa (2/11/2021).

Nah, apabila Anda termasuk pengguna komputer Mac yang terdampak bug tadi, Anda bisa melakukan restore terhadap firmware perangkat Anda. Informasi terkait solusi ini bisa dibaca di laman Apple Support melalui tautan berikut ini.

Sedangkan bagi yang belum memperbarui komputer Mac Anda ke macOS Monterey, ada baiknya untuk bersabar sedikit sebelum Apple memperbaiki bug tersebut.

Saat ini, Apple sendiri konon tengah menguji coba pembaruan OS macOS Monterey versi 12.1. Namun, belum diketahui apakah itu akan memperbaiki masalah yang dialami sebagian pengguna Mac tadi atau tidak. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mac Rumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.