Pendiri Apple Sebut iPhone 13 Sama Saja dengan iPhone 12

Kompas.com - 02/11/2021, 13:09 WIB
Steve Wozniak BloombergSteve Wozniak
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Steve Wozniak, pendiri Apple bersama Steve Jobs, tampaknya tak begitu kagum dengan jajaran iPhone 13 yang dirilis Apple September lalu. Pasalnya, menurut sosok yang biasa dipanggil "Woz" itu, desain dan software iPhone 13 tak  berbeda dengan iPhone 12.

"Saya punya iPhone baru (iPhone 13), dan saya benar-benar tidak bisa melihat apa perbedaannya (dengan iPhone 12)," kata Wozniak,

"Software yang ada di iPhone 13 juga mungkin saja bakal ada di iPhone beberapa generasi sebelumnya," imbuhnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (2/11/2021).

Pernyataan Woz ini bisa dibilang ada benarnya. Sebab, desain iPhone 13 memang mirip dengan iPhone 12.

Baca juga: Membandingkan iPhone 13 Vs iPhone 12, Apa Saja Bedanya?

Keempat sisi bingkai pada seluruh model iPhone 13, misalnya, mengusung bingkai datar (flat) dengan keempat ujungnya yang agak membulat (rounded), mirip dengan iPhone 12.

Dari segi desain eksterior, sebenarnya lini iPhone 13 memiliki perbedaan dari iPhone 12, berupa notch yang lebih kecil dan susunan kamera belakang diagonal. Namun, ini mungkin sulit diamati apabila dilihat sekilas tanpa menyandingkan kedua perangkat.

Perbedaan lain terletak di aspek spesifikasi. IPhone 13 dibekali dengan chip A15 Bionic terbaru yang berkinerja lebih tinggi dibanding A14 Bionic pada iPhone 12.

Baca juga: iPhone 13 Bisa Dipesan Mulai 12 November di Indonesia, Ini Perkiraan Harganya

Khusus iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, ada pula fitur baru ProMotion Display, di mana refresh rate layar bisa ditingkatkan menjadi 120 Hz.

Woz sendiri dikenal kerap mengomentari produk Apple.  Pada 2017 lalu, tahun di mana iPhone X meluncur, Woz sempat mengatakan bahwa ia tidak akan ikut antre untuk membeli iPhone terbaru, padahal dia sebelumnya rutin mengantre demi mendapat iPhone terkini. 

"Saya lebih baik menunggu dan melewati ponsel ini (iPhone X). Saya sudah cukup puas dengan iPhone 8, yang mirip dengan iPhone 7, yang menurut saya identik juga dengan iPhone 6," kata Woz kala itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.