Cara Blur Background Zoom di HP Android, iPhone, dan Laptop

Kompas.com - Diperbarui 06/01/2022, 06:25 WIB
Ilustrasi Zoom. BusinessInsiderIlustrasi Zoom.

KOMPAS.com - Aplikasi video conference Zoom menawarkan fitur untuk mengaburkan (blur) gambar latar belakang (background) saat melakukan video call.

Ketika fitur ini diaktifkan, tampilan background akan tampak terlihat buram seperti efek bokeh. Alhasil, peserta Zoom lain tidak dapat melihat objek atau suasana yang berada di belakang pengguna dengan jelas untuk menjaga privasi.

Baca juga: Cara Share Video di Zoom agar Ada Suara

Memburamkan latar belakang di Zoom dapat dilakukan pada perangkat Android, iOS, hingga PC desktop dan laptop Windows maupun MacOS Langkah-langkahnya sebagai berikut, seperti dirangkum KompasTekno dari laman support Zoom, Selasa (2/11/2021).

Cara blur background Zoom di PC, laptop, dan Mac

  • Pastikan perangkat PC sudah menjalankan Zoom pada versi terbaru, minimal versi 5.5.0 (12454.0131) untuk pengguna Windows atau versi 5.5.0 (12467.0131) untuk pengguna MacOS.

    Cara blur background Zoom di PC.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara blur background Zoom di PC.

  • Buka aplikasi Zoom dan tekan tombol "Settings".

  • Pilih menu "Background & Filters" lalu pilih efek "Blur".

  • Sesaat setelah efek tersebut dipilih, tampilan background akan tampak menjadi buram.

Cara blur background Zoom di Android dan iOS

  • Pastikan aplikasi Zoom sudah menjalankan client versi 5.6.6 (2076) untuk perangkat Android. Sedangkan, pengguna iOS dapat mengunduh aplikasi pada versi 5.6.6 (423) atau yang lebih tinggi.


    Cara blur background Zoom di Android dan iOS.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara blur background Zoom di Android dan iOS.

  • Buka aplikasi Zoom dan masuk ke ruang meeting online.

  • Pada laman Video Preview, pilih ikon "Change Virtual Background".

  • Selanjutnya, pilih opsi "Blur" untuk memburamkan tampilan background.

Perlu diperhatikan bahwa opsi blur di Zoom akan turut diterapkan pada setiap meeting online selanjutnya yang dihadiri. Apabila ingin menonaktifkan blur di Zoom, pengguna bisa memilih opsi "None" pada pengaturan background.

Baca juga: Cara Menampilkan Zoom Meeting di TV

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.