Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Sesumbar Jadi Perusahaan Game Pesaing Sony, Microsoft, dan Nintendo

Kompas.com - 03/11/2021, 07:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple menyatakan bahwa perusahaan siap bersaing di industri gaming bersama dengan Sony, Microsoft, dan Nintendo.

Dalam laporan pendapatan perusahaan, Apple mengklaim telah menyumbang 33 persen transaksi di semua marketplace gaming.

Selain itu, Apple juga melaporkan 70 persen revenue (pendapatan) App Store berasal dari aplikasi gaming dan transaksi in-game purchase.

Pendapatan tersebut, menurut Apple, "hanya" dihasilkan oleh kurang dari 10 persen pengguna toko aplikasi App Store.

Sementara itu, layanan berlangganan game Apple Arcade dilaporkan telah mencetak pendapatan sebesar 68,43 miliar dolar AS (sekitar Rp 977 triliun) untuk tahun fiskal 2021.

Jumlah tersebut sanggup mengalahkan gabungan total pemasukan yang diraih Sony, Nintendo, Microsoft, dan Activision.

Dengan besarnya jumlah pendapatan dan kontribusi yang diberikan Apple, perusahaan asal Cupertino, AS ini tak lagi hanya bersaing dengan Google (Android) dan Microsoft (Windows).

Apple justru akan menjadi kompetitor baru bagi Sony, Microsoft, dan Nintendo, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Bisnis Game Apple Lebih Besar dari Gabungan Microsoft, Sony, dan Nintendo

Keseriusan Apple juga diwujudkan dengan meancang perangkat headset yang sudah mendukung teknologi mixed reality, yakni gabungan konsep antara Augmented Reality (AR) dengan Virtual Reality (VR) untuk gaming.

Belum diketahui secara pasti kemampuan atau fitur yang akan dibawa pada perangkat ini. Menurut analis pasar ternama, Ming-Chi Kuo, Apple akan membawa sejumlah fitur-fitur canggih pada headset misterius ini.

Selain membagikan jumlah pendapatan perusahaan, Apple berencana untuk melakukan perubahan pada kebijakan Apple Store. Menurut Apple, perubahan ini berpotensi mengurangi jumlah komisi yang diterima dari Apple Tax.

Sebelumnya, Apple memberikan kebijakan kepada pengembang game yang merilis game besutannya di App Store untuk membayarkan pajak sebesar 15-30 persen.

Dengan adanya rencana perubahan kebijakan ini, pihak pengembang juga dituntut memaksa pelanggannya melakukan transaksi biaya berlangganan dan pembelian item di dalam game, melalui platform pembayaran dalam ekosistem Apple.

Baca juga: App Store Catat Rekor Belanja Terbanyak Saat Tahun Baru 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com