Durasi Video TikTok Diperpanjang, Kini Bisa sampai 5 Menit

Kompas.com - 03/11/2021, 08:50 WIB
Ilustrasi TikTok Later.comIlustrasi TikTok
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Unggahan video di TikTok dibatasi hanya paling lama 3 menit. Namun kini, lewat sebuah update, TikTok memperpanjang durasi video yang bisa diunggah hingga maksimal 5 menit.

Durasi unggahan video hingga 5 menit tersebut sudah bisa dicoba oleh sejumlah pengguna TikTok termasuk di Indonesia. Jika fitur sudah tersedia, pengguna akan mendapat notifikasi untuk memberi tahu bahwa durasi video bisa lebih panjang.

Baca juga: Daftar Kota Dunia yang Paling Banyak Dilihat di TikTok, Jakarta Urutan Berapa?

Notifikasi tersebut berbunyi "Introducing 5 minutes video. You can now upload videos up to 5 minutes long!".

Perlu dicatat, durasi hingga 5 menit ini hanya berlaku jika pengguna TikTok mengunggah konten video dari galeri ponsel, bukan merekam video secara langsung dari aplikasi.

Unggahan video TikTok kini sudah bisa hingga 5 menitKOMPAS.com/ConneyStephanie Unggahan video TikTok kini sudah bisa hingga 5 menit

Bertambahnya durasi video TikTok agaknya dimaksudkan untuk memberi ruang bagi kreator untuk menyajikan konten video yang lebih panjang.

Sebelum menggulirkannya ke publik, TikTok lebih dulu menguji coba tambahan durasi video tersebut sejak Agustus 2021 lalu.

Baca juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Saat itu, konsultan media sosial asal Inggris, Matt Navarra menjadi salah satu pengguna TikTok yang kebagian uji coba tersebut. Melalui akun Twitternya, Navarra mengunggah sebuah tangkapan layar berisi notifikasi update terbaru dari TikTok.

"Unggah video hingga 5 menit melalui perangkat Anda. Pastikan Anda sudah memperbarui TikTok ke versi terbaru sebelum mencoba fitur tersebut di aplikasi atau tiktok.com," tulis isi tangkapan layar yang diunggah Navarra.

Dengan bertambahnya durasi video hingga lima menit, pengguna pun kini bisa mengunggah konten video lebih variatif, seperti trailer film atau video tutorial dengan durasi lebih panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.