Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Video TikTok Diperpanjang, Kini Bisa sampai 5 Menit

Kompas.com - 03/11/2021, 08:50 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video di TikTok dibatasi hanya paling lama 3 menit. Namun kini, lewat sebuah update, TikTok memperpanjang durasi video yang bisa diunggah hingga maksimal 5 menit.

Durasi unggahan video hingga 5 menit tersebut sudah bisa dicoba oleh sejumlah pengguna TikTok termasuk di Indonesia. Jika fitur sudah tersedia, pengguna akan mendapat notifikasi untuk memberi tahu bahwa durasi video bisa lebih panjang.

Baca juga: Daftar Kota Dunia yang Paling Banyak Dilihat di TikTok, Jakarta Urutan Berapa?

Notifikasi tersebut berbunyi "Introducing 5 minutes video. You can now upload videos up to 5 minutes long!".

Perlu dicatat, durasi hingga 5 menit ini hanya berlaku jika pengguna TikTok mengunggah konten video dari galeri ponsel, bukan merekam video secara langsung dari aplikasi.

Unggahan video TikTok kini sudah bisa hingga 5 menitKOMPAS.com/ConneyStephanie Unggahan video TikTok kini sudah bisa hingga 5 menit

Bertambahnya durasi video TikTok agaknya dimaksudkan untuk memberi ruang bagi kreator untuk menyajikan konten video yang lebih panjang.

Sebelum menggulirkannya ke publik, TikTok lebih dulu menguji coba tambahan durasi video tersebut sejak Agustus 2021 lalu.

Baca juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Saat itu, konsultan media sosial asal Inggris, Matt Navarra menjadi salah satu pengguna TikTok yang kebagian uji coba tersebut. Melalui akun Twitternya, Navarra mengunggah sebuah tangkapan layar berisi notifikasi update terbaru dari TikTok.

"Unggah video hingga 5 menit melalui perangkat Anda. Pastikan Anda sudah memperbarui TikTok ke versi terbaru sebelum mencoba fitur tersebut di aplikasi atau tiktok.com," tulis isi tangkapan layar yang diunggah Navarra.

Dengan bertambahnya durasi video hingga lima menit, pengguna pun kini bisa mengunggah konten video lebih variatif, seperti trailer film atau video tutorial dengan durasi lebih panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com