Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Salam dari Binjai Tersedia Gratis di Google Play Store

Kompas.com - 03/11/2021, 10:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa minggu terakhir, slogan "Salam dari Binjai" mendadak ramai diperbincangkan di jejaring sosial. Ucapan ini menjadi populer sejak dilontarkan oleh seorang mantan atlet petinju bernama Paris Pernandes.

Dalam beberapa video TikTok yang diunggahnya, Paris terlihat kerap mengucapkan salam khas tersebut sebelum/sesudah meninju sebuah pohon pisang hingga tumbang.

Melihat keramaian dan keunikan tren ini, sejumlah pengembang aplikasi mengadaptasi slogan "Salam dari Binjai" menjadi game.

Baca juga: Daftar Game Baru yang Rilis November 2021, Ada Call of Duty: Vanguard dan Battlefield 2042

Pantauan KompasTekno pada aplikasi Google Play Store, Selasa (2/11/2021), setidaknya terdapat tiga judul game bertema "Salam dari Binjai", yakni Salam dari Binjai Simulator, Salam dari Binjai, dan Salam dari Binjai Challenge.

Salam dari Binjai Simulator

Ilustrasi game Salam Dari Binjai Simulator.StickyLab Ilustrasi game Salam Dari Binjai Simulator.

Game yang satu ini muncul paling pertama pada hasil pencarian di Google Play Store. Sesaat setelah permainan dimulai, pemain akan diminta untuk memasukkan sebuah nama.

Sebuah audio akan muncul sesaat pemain memasukkan nama pendek yang diminta. Audio tersebut akan mengucapkan slogan Salam dari Binjai dengan suara khas dari Paris.

Hanya terdapat satu objektif yang harus dipenuhi selama game berlangsung, yakni memukul sebanyak-banyaknya pohon pisang hingga roboh. Pemain dapat menggerakkan karakter dan menekan tombol dengan ikon tinju untuk memukul pohon pisang hingga tumbang.

Baca juga: Apple Sesumbar Jadi Perusahaan Game Pesaing Sony, Microsoft, dan Nintendo

Ada pula tombol dengan logo ilustrasi wajah Paris yang ketika ditekan bakal mengeluarkan audio khas "Salam dari Binjai". Permainan akan berhenti setelah karakter merasa kelelahan. Skor yang telah dicetak akan direkam dan dapat dilihat pada papan Peringkat.

Digarap oleh StickyLab pada 25 Oktober lalu, saat ini Salam Dari Binjai Simulator telah diunduh di Google Play Store oleh lebih dari 100.000 pengguna. Apabila tertarik, pengguna hanya perlu menyisihkan memori penyimpanan sebesar 13,41 MB untuk bisa menjalankan game ini.

Salam dari Binjai

Ilustrasi game Salam Dari Binjai.Leolit Games Ilustrasi game Salam Dari Binjai.
Game Salam dari Binjai yang satu ini terbilang unik karena disajikan dengan orientasi portrait. Cara mainnya pun cukup mudah.

Pemain hanya perlu menekan (tap) layar sebanyak-banyaknya sehingga karakter bisa meninju pohon pisang dengan cepat.

Setiap pukulan ke pohon pisang akan menghasilkan uang virtual, yang kemudian bisa digunakan untuk menaikkan status serangan (damage) dan efek critical dari karakter.

Baca juga: Istilah Meta Sering Dipakai di Dunia Game, Apa Artinya?

Terdapat sebuah bar "Salam dari Binjai" yang apabila terisi dapat meningkatkan kecepatan tinju yang dilontarkan oleh karakter.

Di Google Play Store, game Salam Dari Binjai memiliki ukuran sebesar 30 MB dan telah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna.

Salam dari Binjai Challenge

Ilustrasi game Salam dari Binjai Challenge.GurameSoft Ilustrasi game Salam dari Binjai Challenge.
Dibandingkan dengan dua judul di atas, game Salam dari Binjai yang satu ini terbilang paling sederhana. dengan gambar animasi yang tampak seperti dilukis dengan aplikasi Paint.

Pemain hanya perlu menekan tombol "Pukul" yang tersedia untuk meninju pohon pisang sebanyak-banyaknya dalam waktu yang telah ditentukan.

Salam dari Binjai Challenge bisa diunduh melalui Google Play Store yang dapat diakses melalui tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com