Link Download Aplikasi E-Uji Emisi untuk Cari Lokasi Uji Emisi di Jakarta

Kompas.com - 03/11/2021, 18:44 WIB

KOMPAS.com - Pemilik kendaraan sepeda motor dan mobil di kawasan DKI Jakarta diwajibkan untuk melakukan uji emisi. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020.

Melalui peraturan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengenakan sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lulus emisi, mulai 13 November mendatang.

Sanksi tilang sebesar Rp 250.000 akan dikenakan untuk kendaraan sepeda motor, sementara pengguna mobil yang tak lulus uji emisi akan didenda sebesar Rp 500.000.

Aturan uji emisi diwajibkan bagi seluruh kendaraan yang berusia lebih dari tiga tahun. Kebijakan ini merupakan salah satu bentuk upaya memperbaiki kualitas udara di Ibukota.

Baca juga: Gojek Uji Coba Motor Listrik demi Nol Emisi Karbon pada 2030

Untuk menemukan lokasi bengkel yang menyediakan layanan uji emisi, Anda bisa menggunakan aplikasi E-Uji Emisi.

Aplikasi E-Uji Emisi ini bisa di-download di ponsel Android melalui Google Play Store. Berikut ini adalah link download aplikasi E-Uji Emisi:

Aplikasi ini disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mempermudah pencarian lokasi uji emisi motor dan mobil.

Pengguna Android hanya perlu menyisihkan memori penyimpanan sebesar 7,6 MB untuk bisa mengunduh aplikasi ini.

Melalui aplikasi E-Uji Emisi, pengguna dapat melakukan pengecekan hasil uji emisi kendaraan, sejarah uji emisi kendaraan, dan informasi daftar bengkel pelaksanaan uji emisi terdekat.

Aplikasi ini turut menyediakan layanan pendaftaran kendaraan untuk dilakukan pengujian, serta menyediakan informasi dan kegiatan seputar uji emisi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.