Zuckerberg Jadi Batu Sandungan untuk Meta, Nama Baru Facebook

Kompas.com - 03/11/2021, 20:05 WIB
CEO Facebook mengumumkan perubahan nama Facebook Inc, yaitu Meta. EngadgetCEO Facebook mengumumkan perubahan nama Facebook Inc, yaitu Meta.

KOMPAS.com - Facebook Inc. telah resmi melakukan rebranding dengan nama baru, yakni Meta Platforms Inc. Meski dinamai ulang, struktur perusahaan tidak akan berubah dan akan tetap sama seperti sebelumnya.

Mark Zuckerberg tetap memimpin perusahaan induk Meta Platform Inc. yang menaungi Facebook, WhatsApp, dan Instagram, dengan jabatan sebagai pendiri dan CEO Meta.

Analis menilai, keberadaan sosok Mark Zuckerberg di tengah aksi rebranding ini justru bakal menjadi batu sandungan bagi citra perusahaan Meta yang baru.

Bahkan, kolumnis di outlet media Marketing Week, Mark Ritson terang-terangan menyebut Zuckerberg bakal menjadi masalah branding untuk Meta.

Baca juga: Resmi, Facebook Berganti Nama Menjadi Meta

"Dia telah menjadi masalah branding Facebook selama satu dekade. Dan dia akan menjadi masalah branding terbesar untuk Meta hari ini," tulis Ritson.

CEO agensi brand Superion, Jim Prior, juga setuju bahwa brand pribadi Zuckerberg dapat berdampak negatif pada Meta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Brand perusahaan apa pun, bakal ada hubungan kuat yang tak terhindarkan dengan reputasi, kepribadian, dan kinerja pemimpinnya - dan itu terutama terjadi di perusahaan yang dipimpin oleh pendiri," kata Prior kepada Insider.

"Jadi, ya, citra pribadi Zuckerberg akan dikaitkan dengan Meta. Lalu kritikan atau kejadian negatif apa pun yang menimpa Zuck bakal memengaruhi merek perusahaan," lanjut dia.

Dengan kata lain, tak peduli apapun nama perusahaannya, selama Zuckerberg masih terlibat di dalamnya, perusahaan itu bakal terus diasosiasikan dengan citra pribadi Mark Zuckerberg.

Bakal susah tinggalkan citra Facebook

Ilustrasi logo Meta dan Facebook.CHRIS DELMAS via BBC INDONESIA Ilustrasi logo Meta dan Facebook.
Saat pengumuman rebranding, Zuck sendiri mengungkapkan tujuan perubahan nama Facebook Inc. menjadi Meta ini adalah agar perusahaan memiliki nama sesuai visi masa depannya, yaitu membangun "metaverse".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.