Kompas.com - 04/11/2021, 07:41 WIB
Apple iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dalam 2 varian warna AppleApple iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dalam 2 varian warna

KOMPAS.com - Kelangkaan chip yang terus berlangsung memaksa Apple untuk memutar otak. Demi memproduksi jajaran smartphone iPhone 13, Apple diketahui rela memangkas sebagian bahan baku iPad.

Indikasi tersebut terlihat dari menurunnya jumlah produksi iPad dalam dua bulan terakhir. Dibandingkan dengan rencana awal Apple, proses produksi iPad terpantau merosot hingga 50 persen sepanjang September dan Oktober 2021.

Secara keseluruhan, iPhone dan iPad memang memiliki susunan komponen yang cukup serupa, terutama pada bagian chip dan periferal.

Baca juga: iPhone 13 Bisa Dipesan Mulai 12 November di Indonesia, Ini Perkiraan Harganya

Kondisi ini kemudian dimanfaatkan oleh Apple untuk mendistribusikan sejumlah komponen iPad sebagai penunjang produksi perangkat iPhone.

Selain iPad, perusahaan asal Cupertino, AS, itu bahkan turut mengalokasikan sejumlah komponen iPhone model lama, demi mendongkrak produksi iPhone 13.

Upaya ini rupanya sengaja dilakukan Apple demi memastikan ketersediaan stok iPhone 13 saat diluncurkan pada 24 September lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, iPhone 13 merupakan salah satu perangkat yang diprediksi akan menerima permintaan dalam jumlah yang besar di pasaran.

Hal tersebut cukup masuk akal, mengingat tren permintaan smartphone yang cenderung lebih kuat dibandingkan iPad, terlebih saat ini wilayah Barat mulai pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Kendati demikian, permintaan iPad nyatanya cukup tinggi berkat tren work from home (wfh) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang marak dilakukan selama pandemi.

Firma riset IDC mencatat jumlah pengiriman iPad global naik sekitar 6,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: iPad 9 Resmi Dirilis, Bawa Fitur Populer dari iPad Pro

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.