Kompas.com - 04/11/2021, 11:01 WIB
Pengguna bisa menggunakan menggabungkan tiga kata acak untuk membuat password yang kuat. NCSC UKPengguna bisa menggunakan menggabungkan tiga kata acak untuk membuat password yang kuat.

KOMPAS.com - Sekitar 2 dari 3 orang Indonesia pernah mengalami kebocoran data pribadi. Hal ini disimpulkan dalam survei terbaru Google bersama lembaga riset YouGov terkait kebiasaan orang menjaga kata sandi (password) mereka di internet.

Product Marketing Manager Google Indonesia, Amanda Chan mengatakan kebocoran data pribadi sendiri biasanya dipicu oleh kombinasi password yang lemah.

Bahkan, sekitar 89 persen orang Indonesia yang disurvei Google dan YouGov mengaku mereka membuat password yang termasuk dalam kriteria lemah, dan mudah ditebak.

Baca juga: Google: 89 Persen Orang Indonesia Pakai Password Lemah

Beberapa password yang mudah ditebak di antaranya seperti menggunakan tanggal penting macam tanggal lahir, nama pacar atau pasangan, nama hewan peliharaan, hingga kode pos sebagai password mereka.

Pengguna yang membuat password tanpa kombinasi angka dan simbol, misalnya hanya huruf atau angka saja, juga termasuk sebagai password yang lemah, begitu juga mereka yang tidak menggunakan kombinasi huruf kapital.

"Saat kita mengorbankan keamanan demi kemudahan dengan membuat sandi yang mudah ditebak, kita membuat informasi pribadi kita sangat tidak aman,” ujar Amanda kepada KompasTekno, Rabu (3/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebiasaan menggunakan password yang lemah sendiri, lanjut Amanda, biasanya disebabkan oleh sulitnya seorang pengguna mengingat password. Sehingga, mereka memakai kombinasi password yang sederhana supaya mudah diingat.

"Sebanyak 40 persen responden kami (di Indonesia) mengaku takut lupa dengan sandi yang baru, dan 30 persen menggunakan sandi yang sama karena lebih praktis," imbuh Amanda.

Apa yang terjadi ketika ada kebocoran data?

Ilustrasi peretas.Reuters/BBC Ilustrasi peretas.

Amanda menambahkan, mayoritas pengguna yang memakai kata sandi yang tergolong lemah ini bakal termotivasi untuk mengamankan kata sandi mereka, apabila ternyata mereka menjadi korban kebocoran data.

Baca juga: Cara Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.