Kompas.com - 04/11/2021, 16:07 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Meskipun MacBook dan iPad sudah beralih menggunakan konektor USB-C, Apple masih ngotot memakai port Lighting untuk ponsel iPhone buatannya, hingga iPhone 13 yang merupakan generasi terbaru tahun ini.

Namun, bukan berarti iPhone hanya bisa menggunakan Lightning saja. Oktober lalu, seorang mahasiswa teknik robotika dari Swiss Federal Institute of Technology, Ken Pillonel, berhasil mengganti konektor Lightning di iPhone X miliknya menjadi USB-C.

Baca juga: Mengapa iPhone Pakai Colokan USB Lightning, Bukan USB-C?

Kini, perangkat hasil oprekan yang diklaim sebagai "iPhone USB-C pertama di dunia" tersebut tampaknya sedang dilelang di eBay.

Pantauan KompasTekno, Kamis (4/11/2021), sudah ada lebih dari 100 orang yang tertarik produk tersebut, dengan harga tertinggi saat ini mencapai 14.900 dolar AS atau sekitar Rp 213 juta.

Proses lelang masih berlangsung dan akan berakhir pada 11 November mendatang. Penawar harga tertinggi bakal membawa pulang iPhone X USB-C (64 GB) hasil modifikasi Pillonel.

Laman penjualan iPhone X yang pakai UXB-C.eBay Laman penjualan iPhone X yang pakai UXB-C.

Pillonel menyarankan pengguna yang berhasil meminang iPhone X itu agar tidak melakukan restore, update, atau reset data terhadap perangkat tersebut.

"Saya jamin ponsel ini akan berfungsi ketika Anda menerimanya, tetapi jika Anda tidak mengikuti panduan yang saya berikan, saya tidak bertanggung jawab (atas kerusakan)," kata Pilonel dalam laman deskripsi lelang.

Pilolnel juga menyarankan pembeli iPhone X ini tidak menggunakan perangkat tersebut sebagai ponsel sehari-hari alias daily driver.

Bisa untuk mengisi baterai dan transfer data

Sebelumnya, Pillonel turut merilis sebuah video singkat yang menunjukkan proses modifikasi iPhone X dengan konektor Lightning menjadi USB-C.

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

Dalam video berdurasi sekitar 40 detik itu, terlihat bahwa Pillonel menggunakan alat khusus untuk merombak bagian port Lightning di iPhone X miliknya. Teknis pemasangan hingga proses perakitan komponen bodi belakang ponsel juga diperlihatkan secara singkat.

Setelah semua tahapan selesai, Pillonel kemudian mencoba untuk mengisi daya ponsel melalui port USB-C. Hasilnya, proses pengisian daya baterai pun bisa dilakukan. Bahkan, ketika iPhone X itu dicolokkan ke laptop, proses transfer data melalui port USB-C juga berhasil dilakukan.

Proyek yang dilakukan Pilonel  bisa dilakukan siapa saja asal tahu dan mengerti prosesnya. Datanya sendiri bisa dilihat di GitHub repository yang bisa diakses di tautan berikut.  sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Kamis (4/11/2021).

Adapun video proses modifikasi USB Lightning di iPhone X menjadi port USB-C yang dilakukan oleh Pillonel dapat ditonton melalui link ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.