Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone dengan Konektor USB C Ditawar Lebih dari Rp 200 Juta

Kompas.com - 04/11/2021, 16:07 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Meskipun MacBook dan iPad sudah beralih menggunakan konektor USB-C, Apple masih ngotot memakai port Lighting untuk ponsel iPhone buatannya, hingga iPhone 13 yang merupakan generasi terbaru tahun ini.

Namun, bukan berarti iPhone hanya bisa menggunakan Lightning saja. Oktober lalu, seorang mahasiswa teknik robotika dari Swiss Federal Institute of Technology, Ken Pillonel, berhasil mengganti konektor Lightning di iPhone X miliknya menjadi USB-C.

Baca juga: Mengapa iPhone Pakai Colokan USB Lightning, Bukan USB-C?

Kini, perangkat hasil oprekan yang diklaim sebagai "iPhone USB-C pertama di dunia" tersebut tampaknya sedang dilelang di eBay.

Pantauan KompasTekno, Kamis (4/11/2021), sudah ada lebih dari 100 orang yang tertarik produk tersebut, dengan harga tertinggi saat ini mencapai 14.900 dolar AS atau sekitar Rp 213 juta.

Proses lelang masih berlangsung dan akan berakhir pada 11 November mendatang. Penawar harga tertinggi bakal membawa pulang iPhone X USB-C (64 GB) hasil modifikasi Pillonel.

Laman penjualan iPhone X yang pakai UXB-C.eBay Laman penjualan iPhone X yang pakai UXB-C.

Pillonel menyarankan pengguna yang berhasil meminang iPhone X itu agar tidak melakukan restore, update, atau reset data terhadap perangkat tersebut.

"Saya jamin ponsel ini akan berfungsi ketika Anda menerimanya, tetapi jika Anda tidak mengikuti panduan yang saya berikan, saya tidak bertanggung jawab (atas kerusakan)," kata Pilonel dalam laman deskripsi lelang.

Pilolnel juga menyarankan pembeli iPhone X ini tidak menggunakan perangkat tersebut sebagai ponsel sehari-hari alias daily driver.

Bisa untuk mengisi baterai dan transfer data

Sebelumnya, Pillonel turut merilis sebuah video singkat yang menunjukkan proses modifikasi iPhone X dengan konektor Lightning menjadi USB-C.

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

Dalam video berdurasi sekitar 40 detik itu, terlihat bahwa Pillonel menggunakan alat khusus untuk merombak bagian port Lightning di iPhone X miliknya. Teknis pemasangan hingga proses perakitan komponen bodi belakang ponsel juga diperlihatkan secara singkat.

Setelah semua tahapan selesai, Pillonel kemudian mencoba untuk mengisi daya ponsel melalui port USB-C. Hasilnya, proses pengisian daya baterai pun bisa dilakukan. Bahkan, ketika iPhone X itu dicolokkan ke laptop, proses transfer data melalui port USB-C juga berhasil dilakukan.

Proyek yang dilakukan Pilonel  bisa dilakukan siapa saja asal tahu dan mengerti prosesnya. Datanya sendiri bisa dilihat di GitHub repository yang bisa diakses di tautan berikut.  sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Kamis (4/11/2021).

Adapun video proses modifikasi USB Lightning di iPhone X menjadi port USB-C yang dilakukan oleh Pillonel dapat ditonton melalui link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com