Kompas.com - 04/11/2021, 17:09 WIB
Ilustrasi password ThreatpostIlustrasi password
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Password yang lemah bisa menjadi celah bagi peretas untuk membobol berbagai akun pengguna di internet dan mencuri data pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Sayangnya, menurut survei Google bersama lembaga riset YouGov, sebagian besar orang Indonesia masih menggunakan password yang tidak kuat. Lebih dari setengah responden  mengaku pernah mengalami kebocoran data.

Baca juga: Google: 89 Persen Orang Indonesia Pakai Password Lemah

Google pun memberikan sejumlah tips bagi pengguna untuk mengelola informasi kredensial macam password di Internet, supaya akun dan data pribadi tak mudah dicuri oleh hacker.

1. Buat password lebih aman dengan kombinasi karakter beragam

Product Marketing Manager Google Indonesia, Amanda Chan, mengatakan pengguna bisa membuat kata sandi dengan kombinasi karakter yang beragam.

"Buat sandi yang lebih aman, bisa pakai huruf besar, huruf kecil, pakai simbol juga seperti tanda seru atau dollar sign," kata Amanda kepada KompasTekno dalam acara virtual yang digelar Google, Rabu (3/11/2021).

Selain itu, aneka karakter tersebut juga sebaiknya juga digabungkan dengan perpaduan huruf besar, huruf kecil, nomor, dan lain sebagainya, misalnya sepeti "!n1P@S5w0Rdy9B4iK".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Gunakan aplikasi password manager untuk bantu mengingat

Apabila sulit mengingat kata sandi karena komposisinya terlalu sulit, maka penguna bisa memanfaatkan aplikasi password manager. Misalnya seperti yang disediakan Google di tautan berikut.

Amanda mengatakan aplikasi password manager bakal mengingat kata sandi pengguna, sehingga tak perlu repot lagi memasukkannya ketika mencoba mengakses suatu akun.

Baca juga: Google Bisa Tahu Password Pengguna yang Pernah Dibobol

Ketika masuk ke akun media sosial menggunakan peramban Chrome, misalnya, Google bakal menampilkan jendela pop-up berupa konfirmasi apakah username dan password yang dimasukkan ingin disimpan di Password Manager atau tidak.

Contoh aplikasi password manager lain yang populer misalnya 1Password dan LastPass.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.