Facebook Diminta Bayar Rp 287 Miliar gara-gara Ganti Nama Jadi Meta

Kompas.com - 06/11/2021, 12:01 WIB
Ilsutrasi Meta dan pendirinya, Mark Zuckerberg. TMZIlsutrasi Meta dan pendirinya, Mark Zuckerberg.

KOMPAS.com - Perusahaan Facebook Inc. yang menaungi media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp pekan llau resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc. "Meta" pun menjadi merek dagang baru untuk layanan-layanan medsos tersebut.

Namun, nama "Meta" ternyata sudah lebih dulu digunakan pihak lain sebagai trademark, yakni oleh Meta PC LLC untuk produk-produk  komputer, laptop, tablet, software, dan lain-lain yang terkait teknologi.

Baca juga: Mengenal Meta, Perusahaan Baru Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Meta PC telah mengajukan trademark "Meta" secara resmi ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada Agustus 2021. Facebook pun berpotensi terlibat konflik kepemilikan hak atas merek dagang "Meta" dengan Meta PC. 

Duo pendiri Meta PC, Zack Shutt dan Joe Darger mengatakan mereka bersedia mundur dari pengajuan trademark atas nama Meta, asalkan Facebook membayar uang senilai 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 287 miliar.

Dokumen pendaftaran merek dagang Meta dari perusahaan Meta PC.TMZ Dokumen pendaftaran merek dagang Meta dari perusahaan Meta PC.

Bayaran yang diminta itu terkesan tinggi. Namun, biaya yang mesti dikeluarkan Facebook untuk kembali berganti nama -apabila permohonan trademark Meta PC atas nama Meta sudah dikabulkan USPTO nanti- bisa jauh lebih besar.

Meta PC sendiri didirikan pada November 2020. Perusahaan kecil yang memiliki 25 orang karyawan ini baru mengajukan trademark untuk melindungi merek dagangnya pada pertengahan 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Zuckerberg Jadi Batu Sandungan untuk Meta, Nama Baru Facebook

Dalam bayang-bayang Facebook, raksasa teknologi yang kini memiliki nama sama dengan mereka, Meta masih bisa menanggapi potensi konflik tersebut dengan humor.

Pada akhir Oktober lalu, akun resmi Meta di Twitter mengunggah video candaan yang memparodikan cara CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan nama baru perusahaannya.

"Untuk merefleksikan siapa diri kami dan apa yang kami ingin bangun, saya dengan bangga mengumumkan bahwa kami sekarang bernama Facebook," ujar Zack Shutt dalam video tersebut. 

Kesamaan nama Meta PC dengan Meta Inc (Facebook) turut membawa berkah berupa peningkatan jumlah follower sebanyak 5.000 persen di kanal-kanal media sosial Meta PC.

Akan halnya Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TMZ, Sabtu (6/10/2021), tech giant ini terkesan tak risau. Menurut sumber yang dekat dengan persoalan ini mengatakan Facebook yakin memiliki hak yang diperlukan untuk memakai nama Meta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TMZ
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.