Bos Instagram Ungkap Alasan "Swipe Up" Diganti Jadi "Link Sticker"

Kompas.com - 06/11/2021, 14:09 WIB
Fitur Link Sticker di Instagram Stories The VergeFitur Link Sticker di Instagram Stories

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, Instagram resmi mengganti cara menyematkan link di Instagram Stories, dari semula menggunakan fitur "swipe up" menjadi "link sticker".

Pengguna Instagram yang sudah terbiasa menggunakan "swipe up", mungkin akan bertanya-tanya mengapa Instagram menghilangkan fitur ini dari IG Stories dan justru menggantinya dengan stiker berisi link alias tautan ke website lain.

Baca juga: Instagram Ganti Swipe Up dengan Stiker Mulai 30 Agustus

Untuk menjawab rasa penasaran pengguna, CEO Instagram Adam Mosseri menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut dalam sebuah video pendek yang di-posting di akun Instagram pribadinya dengan handle @mosseri.

Link sticker memberikan kesempatan berinteraksi terhadap konten Stories

Alasan pertama dari penggantian mekanisme swipe up menjadi link sticker, menurut Mosseri, adalah agar pengguna tetap berinteraksi dengan IG Stories yang disematkan link sekalipun.

Mosseri menjelaskan, saat link disematkan menggunakan fitur swipe up, pengguna mau tak mau mengusap layar ke atas untuk mengaksesnya, untuk kemudian dialihkan ke situs yang dituju oleh tautan.

Ilustrasi cara menautkan link ke Instagram Stories dulu dan sekarang.influencermarketinghub, kompas.com Ilustrasi cara menautkan link ke Instagram Stories dulu dan sekarang.
Cara swipe up ini membuat pengguna kehilangan kesempatan dan pengalaman untuk membalas (reply) atau memberikan reaksi terhadap posting IG Stories tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Menambah Link Sticker Swipe Up di Instagram Stories

Dengan adanya stiker link, followers masih bisa merespons unggahan Instagram Stories dengan memberi komentar via Direct Message (DM) atau reaksi berupa emoji.

"(dengan link sticker), kami ingin memastikan bahwa Anda masih dapat memiliki interaksi bermakna semacam itu dari IG Stories," kata Mosseri dalam posting video di akun @mosseri.

Link sticker lebih kreatif dan lebih konsisten

Alasan kedua penggantian swipe up menjadi link sticker adalah untuk memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna.

"Link sticker ini juga memberi Anda kontrol yang lebih kreatif atas pengalaman di IG Stories. Tujuan utama kami adalah memberi Anda kendali kreatif atas konten Anda," kata Mosseri.

Halaman:


Sumber Instagram
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.