Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Ditagih, Aplikasi Edit Foto Pengantin yang Viral Tidak Gratis

Kompas.com - 06/11/2021, 18:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor (atau Tempo - Music Video Maker, apabila dicari lewat Play Store) belakangan viral karena kemampuannya menyulap foto seseorang menjadi mirip pengantin, lengkap dengan gaun, mahkota, hingga segala riasannya.

Yang mungkin belum banyak diketahui, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tapi hanya untuk beberapa hari pertama saja. Setelahnya, pengguna akan dikenakan tagihan langganan.

Seorang pengguna Facebook bernama Udin e Dadung mengimbau pengguna Tempo - Face Swap Video Editor agar mengetahui dan menyadari perihal tagihan tersebut. Menurut dia, aplikasi yang bersangkutan hanya gratis selama 2-3 hari sebelum menagih bayaran.

Baca juga: Viral Aplikasi Edit Foto Jadi Pengantin, Begini Cara Pakainya

"Akan ada tagihan sebesar Rp 202.400 dan pajak sebesar Rp 18.400 setiap tahun sampai teman-teman membatalkan langganan," tulis Udin dalam posting yang diunggahnya.

KompasTekno mencoba menelusuri bagaimana aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor dapat membebankan pengguna dengan biaya berlangganan. Rupanya, tagihan tersebut kerap ditawarkan ketika pengguna hendak menggunakan aplikasi Tempo.

Tagihan berlangganan yang akan dikenakan pengguna Tempo - Face Swap Video Editor.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tagihan berlangganan yang akan dikenakan pengguna Tempo - Face Swap Video Editor.
Sesaat setelah membuka aplikasi, pengguna Tempo - Face Swap Video Editor umumnya akan menjumpai jendela pop-out berisi tombol "Continue" berukuran cukup besar. Sebagian pengguna mungkin akan spontan menekan tombol tersebut agar bisa lanjut memakai aplikasi.

Apabila pengguna menekan tombol Continue, maka aplikasi akan menyodorkan laman berisi tagihan berlangganan.

Laman tersebut berisi persetujuan bahwa pengguna akan diberikan akses uji coba aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor secara gratis dalam tiga hari ke depan.

Namun setelah masa uji coba tersebut berakhir, pengguna akan dibebankan tagihan. Besarannya adalah Rp 184.00 dengan pajak Rp 18.400, menurut pengamatan KompasTekno.

Jika pengguna menekan tombol "Subscribe" di laman ini, maka pengguna akan dianggap setuju untuk membayar biaya yang sudah disebut di atas dan akan dikenakan tagihan.

Biaya tersebut akan dibayar menggunakan metode pembayaran yang terdaftar di Google Play Store, seperti kartu kredit, dompet digital GoPay, atau potong pulsa.

Bisa dipakai gratis

Untuk menghindari proses berlangganan, alih-alih tombol "Continue", pengguna harus menekan tombol "X" di jendela pop-up.  Letaknya di pojok kiri atas. Dengan menekan tombol "X" ini, pengguna tidak akan ditagih biaya berlangganan aplikasi di Google Play Store.

Perbandingan gambar di laman tagihan Google Play Store yang menunjukkan bahwa pengguna tidak berlangganan aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor apabila menekan tombol X (kiri) dan gambar yang menunjukkan pengguna terdaftar berlangganan aplikasi apabila menekan tombol Subscribe (kanan).KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Perbandingan gambar di laman tagihan Google Play Store yang menunjukkan bahwa pengguna tidak berlangganan aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor apabila menekan tombol X (kiri) dan gambar yang menunjukkan pengguna terdaftar berlangganan aplikasi apabila menekan tombol Subscribe (kanan).
Pengguna pun bisa melanjutkan menggunakan aplikasi secara gratis tanpa perlu khawatir dikenakan biaya berlangganan. Sebab, Tempo - Face Swap Video Editor tak masuk dalam daftar langganan di Google Play.

Baca juga: Canva Kini Punya Platform Khusus Edit Video

Agar lebih jelas, berikut perbandingan gambar di laman tagihan Google Play Store yang menunjukkan bahwa pelanggan yang tidak berlangganan (apabila menekan tombol "X") dan yang terdaftar berlangganan (apabila menekan tombol "Subscribe").

Bagi Anda yang terlanjur berlangganan Tempo - Face Swap Video Editor dan ingin berhenti, langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com