YouTuber Sewa Helikopter demi Jawab Soal Fisika yang Viral

Kompas.com - 08/11/2021, 08:08 WIB
Derek Muller sedang berada di helikopter untuk menjawab pertanyan hipotesis fisika yang viral dan kontroversial. YouTube/ VeritasiumDerek Muller sedang berada di helikopter untuk menjawab pertanyan hipotesis fisika yang viral dan kontroversial.

KOMPAS.com - Seorang YouTuber menyewa helikopter demi dapat menjawab pertanyaan hipotesis fisika yang sempat viral dan kontroversial. YouTuber itu adalah Derek Muller, pemilik saluran YouTube bertema pendidikan bernama "Veritasium".

Pertanyaan yang ingin coba dijawab oleh Muller adalah pertanyaan pilihan ganda nomor 19 dari soal ujian kualifikasi tim Olimpiade Fisika AS tahun 2014 silam.

Sebenarnya pertanyaan ini menjadi viral dan kontroversial hanya karena banyak orang yang tidak sepakat dengan jawaban aslinya.

Adapun bunyi pertanyaan soal tersebut, berbunyi:

Sebuah helikopter terbang secara horizontal dengan kecepatan yang konstan. Sebuah kabel yang sangat fleksibel digantungkan di bawah helikopter. Gesekan udara pada tali tidak dapat diabaikan. Manakah dari diagram berikut yang paling menunjukkan bentuk kabel saat helikopter terbang ke arah kanan di udara?

Pilihan ganda untuk soal nomor 19 di ujian kualifikasi tim Olimpiade Fisika AS tahun 2014.interestingengineering Pilihan ganda untuk soal nomor 19 di ujian kualifikasi tim Olimpiade Fisika AS tahun 2014.
Sementara pilihan ganda dari pertanyaan itu adalah sebagai berikut:

  • A. Tali membentuk pola lurus ke bawah
  • B. Tali membentuk pola diagonal ke arah kiri
  • C. Tali membentuk pola melengkung ke arah kiri, mirip huruf "J"
  • D. Tali membentuk pola melengkung ke arah kanan, mirip huruf "J" terbalik
  • E. Tali membentuk pola melengkung seperti huruf "S".

Muller mengunggah video yang memperlihatkan upayanya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam video berdurasi hampir 13 menit dan sudah ditonton lebih dari 4 juta kali, Muller terlihat naik  helikopter untuk melakukan eksperimen langsung berdasarkan pertanyaan tadi.

Sebelum mengungkap jawaban yang tepat, Muller mengadakan jajak pendapat di YouTube terkait jawaban mana yang paling tepat menurut pengikutnya.

"Ternyata, jawaban paling umum adalah pilihan C (40 persen)," kata Muller.

Selain "C", opsi jawaban yang paling banyak dipilih adalah "B" (25 persen) dan "D" (21 persen). Sementara pilihan A dan E secara berturut-turut hanya dipilih oleh 8 persen dan 7 persen responden.

Lantas, menurut Anda, jawaban mana yang tepat?

Jawaban benar

Untuk bisa menjawab pertanyaan kontroversial itu, Muller menggunakan tali tambang yang kerap ditemui di pusat kebugaran (gym), sepanjang 15 meter dengan bobot keseluruhan 20 kg.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.