Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Sewa Helikopter demi Jawab Soal Fisika yang Viral

Kompas.com - 08/11/2021, 08:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang YouTuber menyewa helikopter demi dapat menjawab pertanyaan hipotesis fisika yang sempat viral dan kontroversial. YouTuber itu adalah Derek Muller, pemilik saluran YouTube bertema pendidikan bernama "Veritasium".

Pertanyaan yang ingin coba dijawab oleh Muller adalah pertanyaan pilihan ganda nomor 19 dari soal ujian kualifikasi tim Olimpiade Fisika AS tahun 2014 silam.

Sebenarnya pertanyaan ini menjadi viral dan kontroversial hanya karena banyak orang yang tidak sepakat dengan jawaban aslinya.

Adapun bunyi pertanyaan soal tersebut, berbunyi:

Sebuah helikopter terbang secara horizontal dengan kecepatan yang konstan. Sebuah kabel yang sangat fleksibel digantungkan di bawah helikopter. Gesekan udara pada tali tidak dapat diabaikan. Manakah dari diagram berikut yang paling menunjukkan bentuk kabel saat helikopter terbang ke arah kanan di udara?

Pilihan ganda untuk soal nomor 19 di ujian kualifikasi tim Olimpiade Fisika AS tahun 2014.interestingengineering Pilihan ganda untuk soal nomor 19 di ujian kualifikasi tim Olimpiade Fisika AS tahun 2014.
Sementara pilihan ganda dari pertanyaan itu adalah sebagai berikut:

  • A. Tali membentuk pola lurus ke bawah
  • B. Tali membentuk pola diagonal ke arah kiri
  • C. Tali membentuk pola melengkung ke arah kiri, mirip huruf "J"
  • D. Tali membentuk pola melengkung ke arah kanan, mirip huruf "J" terbalik
  • E. Tali membentuk pola melengkung seperti huruf "S".

Muller mengunggah video yang memperlihatkan upayanya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dalam video berdurasi hampir 13 menit dan sudah ditonton lebih dari 4 juta kali, Muller terlihat naik  helikopter untuk melakukan eksperimen langsung berdasarkan pertanyaan tadi.

Sebelum mengungkap jawaban yang tepat, Muller mengadakan jajak pendapat di YouTube terkait jawaban mana yang paling tepat menurut pengikutnya.

"Ternyata, jawaban paling umum adalah pilihan C (40 persen)," kata Muller.

Selain "C", opsi jawaban yang paling banyak dipilih adalah "B" (25 persen) dan "D" (21 persen). Sementara pilihan A dan E secara berturut-turut hanya dipilih oleh 8 persen dan 7 persen responden.

Lantas, menurut Anda, jawaban mana yang tepat?

Jawaban benar

Untuk bisa menjawab pertanyaan kontroversial itu, Muller menggunakan tali tambang yang kerap ditemui di pusat kebugaran (gym), sepanjang 15 meter dengan bobot keseluruhan 20 kg.

Saat helikopter sudah mengudara, tali tambang itu pun diturunkan hingga menjuntai ke bawah. Lalu, sesuai skenario yang disebutkan dalam soal, helikopter yang dinaiki Muller pun melaju ke arah kanan dengan kecepatan konstan.

Ternyata hasilnya, tali tambang membentuk garis lurus diagonal ke arah kiri. Maka dari itu, jawaban yang benar atas pertanyaan kontroversial ini adalah opsi "B".

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com