Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A95 Segera Masuk Indonesia, Begini Bentuk dan Spesifikasinya

Kompas.com - 08/11/2021, 11:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo tengah bersiap meluncurkan smartphone A-Series terbarunya di Indonesia, yaitu Oppo A95. Peluncuran Oppo A95 di Indonesia dipastikan pada November ini.

Menjelang peluncuran Oppo A95, Oppo telah memamerkan perangkat tersebut kepada sejumlah media, untuk menguak desain dan spesifikasi inti dari perangkat anyar itu.

Dari segi desain, Oppo A95 memiliki tampilan yang identik dengan Oppo Reno6. Pasalnya, bagian punggung ponsel ini terasa kesat dan tak mudah ternoda sidik jari. Oppo menyebut desian ini dengan Oppo Glow Design.

Baca juga: Cara Buka 2 Aplikasi Berdampingan di Oppo A16

Selain itu, varian warna yang ditawarkan juga ada dua, yaitu warna biru langit mirip Aurora, serta perpaduan hitam dan biru gelap khas Stellar Black di Reno6.

Dua varian warna ponsel Oppo misterius yang dipamerkan pada Kamis (28/10/2021). Kedua ponsel ini ternyata adalah Oppo A95.KOMPAS.com/Bill Clinten Dua varian warna ponsel Oppo misterius yang dipamerkan pada Kamis (28/10/2021). Kedua ponsel ini ternyata adalah Oppo A95.

Meski demikian, modul kamera belakang pada ponsel ini dihiasi dengan lapisan mengilap, alih-alih Reno6 yang memiliki modul dengan nuansa matte. Lalu, jumlah kamera yang ada di dalam modul tersebut ada tiga buah, alih-alih empat.

Dari tulisan "AI 48 MP Triple Camera" yang tersemat di bagian kanan modul, agaknya kamera utama akan memiliki resolusi 48 megapiksel.

Beralih ke bagian depan, di sini terdapat kamera selfie di punch hole di sebelah kiri atas layar, sama seperti penempatan pada Reno6. Jenis panel layarnya juga mirip, yakni AMOLED, dengan ukuran yang kurang lebih sama, yaitu 6,4 inci.

Bagian depan Oppo A95 yang mirip Reno6 dengan punch hole di bagian kiri atas.KOMPAS.com/Bill Clinten Bagian depan Oppo A95 yang mirip Reno6 dengan punch hole di bagian kiri atas.

Berpindah ke bagian sisi perangkat, bingkai (frame) di sekeliling ponsel misterius ini mengadopsi material yang sama dengan Reno6, yaitu aluminum dengan finishing mengilap.

Berbagai tombol dan konektor di bingkai perangkat ini juga tampak serupa dengan apa yang ada di Reno6.

Baca juga: Ini Dia, Calon Ponsel Baru Oppo di Indonesia yang Mirip Reno6

Di bingkai bagian bawah, terdapat lubang speaker, konektor USB tipe-C, lubang mikrofon, dan audio jack 3,5 mm, sedangkan di bingkai bagian atas tidak ada konektor.
 
Bingkai kiri ponsel memuat tombol volume dan slot kartu SIM yang bisa ditarik keluar dengan memasukkan alat SIM ejector, lalu di bingkai bagian kanannya terdapat tombol power
 
Desain bingkai ponsel misterius Oppo yang dipamerkan pada Kamis (28/10/2021). Ponsel ini ternyata merupakan Oppo A95.KOMPAS.com/Bill Clinten Desain bingkai ponsel misterius Oppo yang dipamerkan pada Kamis (28/10/2021). Ponsel ini ternyata merupakan Oppo A95.

Fitur Oppo A95

Selain desain, Oppo juga sempat mengumbar sejumlah fitur andalan dari perangkat anyar ini.
 
Salah satu yang bisa dibilang paling menarik adalah fitur anti cipratan air dengan sertifikasi IPX4, berikut baterai berkapasitas jumbo 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 33 watt.
 
Untuk sektor "jeroan", Oppo A95 dibekali RAM berkapasitas 8 GB yang bisa "diperbesar" melalui fitur RAM Expansion.
 
Ponsel misterius Oppo, yang ternyata adalah Oppo A95, yang kuat terhadap cipratan air.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ponsel misterius Oppo, yang ternyata adalah Oppo A95, yang kuat terhadap cipratan air.
 
Dengan fitur tersebut, Oppo A95 diklaim mampu mengalokasikan sebagian penyimpanan internal untuk dijadikan RAM tambahan sehingga maksimal bisa menjadi 13 GB.
 
Nantinya pengguna A95 dapat memilih besaran kapasitas penyimpanan yang akan dialihkan, yakni mulai dari 2 GB, 3 GB, hingga yang terbesar 5 GB.

Oppo belum mengumbar apa "otak" dari ponsel terbaru mereka yang bakal dirilis di Indonesia ini. Namun, ada kemungkinan System-on-Chip (SoC) yang disusung adalah Snapdragon 662.

Ilustrasi kamera belakang ponsel misterius Oppo yang dipamerkan Kamis (28/10/2021) yang ternyata adalah Oppo A95.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi kamera belakang ponsel misterius Oppo yang dipamerkan Kamis (28/10/2021) yang ternyata adalah Oppo A95.

Pasalnya, desain dan fitur andalan Oppo A95 yang telah disebutkan tadi identik dengan Oppo F19s yang dirilis di India. Dengan kata lain, ada kemungkinan juga Oppo A95 merupakan "kembaran" dari Oppo F19s.

Belum diketahui apakah hal itu benar atau tidak. Yang jelas, Oppo A95 sendiri, apabila nanti sudah dirilis, dipastikan bakal dibekali dengan sejumlah teknologi yang ada di ponsel segmen atas, namun dengan harga yang ramah kantong

"Perangkatnya mungkin akan sangat terjangkau untuk konsumen di Indonesia, terutama untuk anak muda," ujar Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kepada KompasTekno beberapa waktu lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com