Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bug, Game di Android 12 Mendadak Crash

Kompas.com - 08/11/2021, 16:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi Android 12 yang belum lama ini resmi dirilis, dilaporkan masih memiliki masalah. Bug yang ditemukan kali ini membuat game yang dimainkan di ponsel Android 12 dapat crash dan tertutup secara tiba-tiba.

Masalah ini dilaporkan pengguna di forum Google Issue Tracker. Menurut keterangan yang tertera pada forum diskusi tersebut, bug ini ditemukan ketika pengguna mengganti wallpaper saat sedang bermain game.

Sebagai contoh, pengguna sedang menjalankan game Pokemon Go. Namun, di tengah-tengah permainan, pengguna memutuskan untuk mengganti wallpaper ponsel, tanpa menutup aplikasi game.

Ketika wallpaper diganti, maka Pokemon Go yang tengah dimainkan mengalami crash secara tiba-tiba. Bug ini dilaporkan hanya terjadi pada Android 12.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Mengganti wallpaper saat bermain game memang sangat jarang dilakukan oleh pengguna. Namun, jika pengguna menggunakan wallpaper yang dapat berganti secara otomatis, maka bug tentu akan sangat mengganggu.

Sumber masalah ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan konfigurasi di Android saat wallpaper berubah.

Pada umumnya, perubahan konfigurasi yang terjadi seperti saat ponsel mengaktifkan mode gelap, perubahan rotasi layar, atau perubahan lainnya, tidak akan berpengaruh meski

Namun, di Android 12, Google menerapkan sedikit perubahan yang memaksa aktivitas game seolah melakukan reset saat wallpaper diubah.

Hal ini menyebabkan game yang dijalankan, seperti Wild Rift dan Pokémon Go, akan ditutup secara paksa dan pengguna harus menjalankan ulang aplikasi.

Baca juga: Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (8/11/2021), kesalahan ini juga terjadi saat pengguna memainkan sejumlah game populer seperti Genshin Impact, Call of Duty: Mobile, PUBG Mobile, dan Minecraft.

Hingga saat ini Google masih belum memberikan solusi untuk memperbaiki bug tersebut. Alhasil, pengguna Android 12 dihimbau untuk tidak mengganti wallpaper saat sedang bermain game, apabila tidak ingin game yang dimainkan mendadak crash.

Sebagai informasi, sistem operasi Android 12 telah resmi meluncur untuk smartphone Pixel pada 19 Oktober lalu. OS tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru dan peningkatan, salah satunya dari segi desain.

Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai Material You yang tampil lebih segar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com