Kompas.com - 08/11/2021, 16:06 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android 12 CNETIlustrasi sistem operasi Android 12

KOMPAS.com - Sistem operasi Android 12 yang belum lama ini resmi dirilis, dilaporkan masih memiliki masalah. Bug yang ditemukan kali ini membuat game yang dimainkan di ponsel Android 12 dapat crash dan tertutup secara tiba-tiba.

Masalah ini dilaporkan pengguna di forum Google Issue Tracker. Menurut keterangan yang tertera pada forum diskusi tersebut, bug ini ditemukan ketika pengguna mengganti wallpaper saat sedang bermain game.

Sebagai contoh, pengguna sedang menjalankan game Pokemon Go. Namun, di tengah-tengah permainan, pengguna memutuskan untuk mengganti wallpaper ponsel, tanpa menutup aplikasi game.

Ketika wallpaper diganti, maka Pokemon Go yang tengah dimainkan mengalami crash secara tiba-tiba. Bug ini dilaporkan hanya terjadi pada Android 12.

Baca juga: Android 12 Resmi Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Pertama Kebagian

Mengganti wallpaper saat bermain game memang sangat jarang dilakukan oleh pengguna. Namun, jika pengguna menggunakan wallpaper yang dapat berganti secara otomatis, maka bug tentu akan sangat mengganggu.

Sumber masalah ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan konfigurasi di Android saat wallpaper berubah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada umumnya, perubahan konfigurasi yang terjadi seperti saat ponsel mengaktifkan mode gelap, perubahan rotasi layar, atau perubahan lainnya, tidak akan berpengaruh meski

Namun, di Android 12, Google menerapkan sedikit perubahan yang memaksa aktivitas game seolah melakukan reset saat wallpaper diubah.

Hal ini menyebabkan game yang dijalankan, seperti Wild Rift dan Pokémon Go, akan ditutup secara paksa dan pengguna harus menjalankan ulang aplikasi.

Baca juga: Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (8/11/2021), kesalahan ini juga terjadi saat pengguna memainkan sejumlah game populer seperti Genshin Impact, Call of Duty: Mobile, PUBG Mobile, dan Minecraft.

Hingga saat ini Google masih belum memberikan solusi untuk memperbaiki bug tersebut. Alhasil, pengguna Android 12 dihimbau untuk tidak mengganti wallpaper saat sedang bermain game, apabila tidak ingin game yang dimainkan mendadak crash.

Sebagai informasi, sistem operasi Android 12 telah resmi meluncur untuk smartphone Pixel pada 19 Oktober lalu. OS tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru dan peningkatan, salah satunya dari segi desain.

Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai Material You yang tampil lebih segar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.