WhatsApp Siapkan Fitur Communities, Bisa Bikin Grup di Dalam Grup

Kompas.com - 09/11/2021, 07:58 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - WhatsApp diketahui tengah menggarap sebuah fitur baru bernama Communities atau komunitas. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat kelompok atau grup di dalam sebuah grup WhatsApp.

Informasi soal fitur anyar ini diketahui oleh situs pembocor fitur baru WhatsApp, WABetaInfo. Berdasarkan informasi yang diumbar, fitur ini akan berguna apabila sekelompok orang di dalam grup ingin membicarakan sebuah topik spesifik tanpa harus repot membuat grup baru.

Misalnya ketika sebuah grup WhatsApp yang berisikan komunitas para gamer, ingin membicarakan topik berdasarkan judul game tertentu. Mereka bisa menggunakan fitur Communities tersebut agar grup dipisahkan menjadi berbagai "kanal".

Hal ini bisa dibilang serupa dengan fitur kanal alias Channels di Discord. Jadi, sebuah grup WhatsApp akan serupa dengan server Discord, sementara kanal-kanal yang tersedia merupakan fitur Communities WhatsApp.

Baca juga: Cara Keluar dari Uji Coba Fitur Multi-device di WhatsApp

Fitur Communities di WhatsApp.WABetaInfo Fitur Communities di WhatsApp.
Secara tampilan, sebagaimana tampak gambar di atas, jendela percakapan Communities sendiri tampak serupa dengan jendela percakapan WhatsApp lainnya, dan seluruh percakapan juga terlihat telah dilindungi sistem enkripsi end-to-end.

Perbedaan terletak di desain bingkai avatar untuk ikon Communities itu sendiri, yang tampak dihiasi dengan bingkai kotak yang memiliki sudut menyiku (squared), bukan membulat (rounded) seperti biasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, desain bingkai avatar atau gambar profil picture squared sendiri sempat hadir di pembaruan WhatsApp Beta Android 2.21.21.7. Namun kemudian dikembalikan lagi ke desain rounded oleh WhatsApp.

Ilustrasi mengundang orang ke Communities di WhatsApp.WABetaInfo Ilustrasi mengundang orang ke Communities di WhatsApp.
Seperti halnya grup WhatsApp, admin di dalam Communities juga bisa menggunakan beragam fitur lainnya atau tools untuk mengelola percakapan yang berlangsung di dalam ruang percakapan tersebut.

Baca juga: Instagram dan WhatsApp Ganti Nama Facebook Menjadi Meta

Salah satunya adalah tools untuk mengundang calon "penghuni" ruang Communities melalui tautan atau kode QR, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Selasa (9/11/2021).

Di luar fitur undangan tersebut, belum jelas apa saja tools lainnya yang bisa digunakan oleh para admin Communities.

Belum bisa diketahui pula kapan fitur ini bakal menyambangi pengguna WhatsApp, baik Android maupun iOS, secara luas. Sebab, fitur ini disebut tengah dalam pengembangan oleh pihak WhatsApp. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.