Instagram Berbayar Muncul di iOS, Harga Berlanganan Mulai Rp 14.000

Kompas.com - 09/11/2021, 10:31 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Instagram disebut sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan followers (pengikut) membayar kreator dengan cara berlangganan (subscribe). Kini, Instagram mulai menguji coba fitur tersebut.

Menurut laporan Apptopia dan Sensor Tower, fitur berlangganan kreator Instagram mulai muncul di platform iOS.

Di toko aplikasi App Store, Instagram memperbarui deksripsi aplikasinya dengan menambahkan pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) dengan nama "Instagram Subscriptions" atau "Berlangganan Instagram".

Baca juga: Facebook Jadi Berbayar di iPhone jika Pengguna Tak Lakukan Hal Ini

Rentang harga langganan Instagram dipatok mulai dri 0,99 dollar AS (sekitar Rp 14.000) hingga 4,99 dollar AS (Rp 71.000), sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Crunch, Selasa (9/10/2021).

Tambahan informasi tentang langganan Instagram ini baru tersedia bagi pengguna iOS di wilayah Amerika Serikat dan Inggris, yang artinya uji coba masih sangat terbatas.

Menurut Sensor Tower, "Instagram Subscriptions" ditambahkan ke App Store di AS pada 1 November 2021 dan diperbarui lagi pada 3 November dengan menambahkan daftar harga terendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulanya, Instagram hanya memunculkan beberapa opsi untuk "Instagram Badges", item virtual yang bisa dibeli followers untuk mendukung krator favoritnya jika meraka melakukan siaran langsung.

Tangkapan layar rincian harga berlangganan kreator Instagram di App Store.Apple/Tech Crunch Tangkapan layar rincian harga berlangganan kreator Instagram di App Store.

Dikarenakan uji coba ini masih sangat terbatas, kemungkinan masih sangat sedikit pengguna Instagram yang akan mendapati opsi berlangganan dari para kreator. Selain berlangganan kreator, Instagram dikabarkan membuka rencana lain untuk kreator termasuk token digital NFT.

Beda langganan Instagram dengan gratis

Seorang reverse engineer bernama Alessandro Paluzzi juga pernah membocorkan bahwa Instagram menyiapkan fitur "Exclusive Stories", di mana followers hanya akan bisa menonton Stories jika membayarnya.

Baca juga: Ramai Kabar WhatsApp Bakal Berbayar Mulai Tahun Ini, Benarkah?

Itu artinya, Stories eksklusif itu tidak akan tersedia untuk publik, hanya bagi mereka yang langganan Instagram.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.