Ganti Nama Jadi Meta, Facebook Mau Buka Toko Fisik Pertama?

Kompas.com - 09/11/2021, 13:07 WIB
 Logo baru Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram. about.facebook.com Logo baru Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dkk ini dikabarkan bakal membuka toko fisik perdana mereka.

Toko tersebut dibuat untuk membantu mengembangkan dunia virtual yang diidamkan perusahan itu, yang dijuluki metaverse.

Toko Meta ini disebut bakal mengusung model experience store. Menurut dokumen internal yang didapat NewYorkTimes, pembukaan toko ini bertujuan untuk membangun minat konsumen terhadap produk Meta.

Nantinya, pengguna yang datang hanya akan bisa menjajal beragam produk metaverse yang dibuat oleh salah satu divisi Meta yakni Reality Labs. Karena dibuat sebagai saran perkenalan Metaverse, pengunjung tidak bisa membeli produk yang dipamerkan di toko itu.

Baca juga: Facebook Ingin Kembangkan Metaverse, Apa Itu?

Adapun produk-produk yang bisa dijajal konon mencakup perangkat headset virtual reality (VR) Oculus Quest, perangkat untuk video telekonferensi Portal, kaca mata pintar Ray-Ban Stories, dan mungkin masih banyak lagi.

Terlepas dari itu, berdasarkan rumor yang beredar, pembukaan toko ritel ini sendiri konon sudah didiskusikan sejak tahun lalu sebelum Facebook berganti nama menjadi Meta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena sudah dibicarakan sejak lama, nama toko ini pun tadinya memiliki berbagai opsi yang masih mengusung nama Facebook, seperti Facebook Hub, Facebook Commons, Facebook Innovations, Facebook Reality Store, hingga From Facebook.

Namun konon, perusahaan rintisan Mark Zuckerberg itu sepakat dengan nama Facebook Store, sehingga ada kemungkinan namanya bakal menjadi Meta Store.

Baca juga: Makna dan Asal-usul Logo Meta, Perusahaan Induk Baru Facebook

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (9/11/2021), apabila rumor pembukaan toko ini akurat, maka Meta Store pertama mungkin bakal berada di dekat Reality Labs, yaitu di sekitar California, Amerika Serikat.

Meski demikian, pembukaan toko perdana ini sendiri masih sebatas rumor dan belum dikonfirmasi oleh pihak Meta. Mengingat belum ada kepastian, maka rencana tersebut bisa saja tak bakal terwujud. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Engadget
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.