Anak Mark Zuckerberg Belajar Coding Sejak Usia 3 Tahun

Kompas.com - 09/11/2021, 19:10 WIB

KOMPAS.com - CEO Meta, Mark Zuckerberg, menilai bahasa pemrograman (coding) sebagai salah satu ilmu yang harus ditanamkan pada generasi muda, terutama sejak usia dini.

Menurut keterangan sang istri, yakni Priscilla Chan, Mark telah mengajarkan coding kepada anaknya sejak menginjak usia tiga tahun.

Chan menjelaskan bahwa kebiasaan unik tersebut kerap dilakukan Mark menjelang waktu tidur kedua putrinya, yakni August (4 tahun) dan Maxima (5 tahun).

"Terkadang mereka membaca buku bersama. Adakalanya mereka akan melakukan coding bersama," ungkap Chan. "Mark telah melakukan itu dengan August sejak dia berusia tiga tahun," lanjut Chan.

Baca juga: Facebook Diminta Bayar Rp 287 Miliar gara-gara Ganti Nama Jadi Meta

Selain dianggap sebagai salah satu ilmu yang penting, coding juga dinilai bisa jadi aktivitas menarik bagi  anak-anak, terutama dari segi visual. Sebab, coding memungkinkan anak-anak membangun sebuah situs yang dirancang sesuai dengan keinginan mereka.

Coding juga menampilkan susunan fungsi yang dikategorikan dengan warna yang bervariasi, sehingga dapat menarik perhatian anak-anak. Mark bahkan telah membagikan foto salah satu anaknya, yakni August, yang terlihat sedang belajar bahasa pemrograman.

"Kano cukup luar biasa dalam hal mengajarkan anak-anak membuat kode," tulis Mark melalui akun Facebook pribadinya.

Tak boleh main medsos sebelum 13 tahun

Meski telah mengenalkan bahasa pemrograman kepada anaknya pada usia yang cukup belia, namun Chan mengaku tidak mengizinkan kedua putrinya untuk mengakses media sosial, setidaknya hingga mencapai usia 13 tahun.

"Tidak boleh, sampai mereka berusia 13 tahun karena itulah peraturannya," jelas Chan.

Pernyataan yang disampaikan oleh Chan terbilang lumrah, mengingat Mark sendiri telah menerapkan syarat minimal 13 tahun untuk bisa menggunakan platform media sosial Facebook dan Instagram.

Halaman:
Sumber Metro


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.