Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Stylus di Galaxy Tab S7 FE 5G, Journaling, Edit Video, hingga Oprek Canva

Kompas.com - 09/11/2021, 20:02 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selayaknya anggota keluarga Galaxy Tab, perangkat tablet Galaxy Tab S7 FE 5G dari Samsung turut dibekali aksesori pelengkap berupa pena stylus S Pen.

Dengan S Pen, pengguna bisa menggambar atau menulis dengan tangan di layar Galaxy Tab S7 FE 5G. Ukuran layar tablet yang lebar dengan diagonal mencapai 12,4 inci membuat aktivitas tersebut menjadi terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk mengetahui kebolehan tablet ini, KompasTekno menjajal Galaxy Tab S7 FE 5G dan S Pen untuk melakukan berbagai hal, mulai dari journaling dengan aplikasi Samsung Notes, berkreasi dengan Canva, hingga editing video sederhana.

S Pen besar dan mudah digunakan

Galaxy Tab S7 FE 5G sudah menyertakan S Pen dalam paket penjualannya sehingga pengguna tak perlu lagi merogoh kocek tambahan untuk mendapatkannya.

Pena stylus ini mirip dengan yang biasa terdapat di seri ponsel Galaxy Note. Bedanya, S Pen Galaxy Tab S7 FE 5G berukuran jauh lebih besar, kira-kira sebanding dengan pena biasa, sehingga lebih nyaman dan natural saat digunakan.

Unit S Pen yang disertakan di kemasan penjualan Galaxy Tab S7 FE 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Unit S Pen yang disertakan di kemasan penjualan Galaxy Tab S7 FE 5G

Galaxy Tab S7 FE 5G tak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan S Pen. Tapi, pengguna bisa menempelkannya di punggung perangkat, persis di bawah modul kamera, yang dilengkapi dengan magnet.

Apabila ingin menyimpan dengan lebih aman, pengguna Galaxy Tab S7 FE 5G bisa membeli Book Cover Keyboard yang dibekali tempat khusus -yang juga bermagnet- di bagian tengah.

Di belakang cover terdapat cut-out sehingga S Pen tetap bisa dilekatkan di bagian punggung jika diinginkan, agar lebih mudah diraih saat bekerja di meja, misalnya.

S Pen di Galaxy Tab S7 FE 5G tidak tersambung ke tablet lewat koneksi Bluetooth. Pengguna pun tak perlu mengisi baterai sehingga stylus selalu siap pakai.

Pena ini hanya memiliki satu tombol di sisi samping yang fungsinya berubah-ubah tergantung aplikasi. Pengguna, misalnya, bisa menekan tombol untuk memanggil menu shortcut S Pen saat berada di home screen, atau untuk menghapus hasil coretan di aplikasi Samsung Notes.

S Pen bisa ditempelkan di area punggung Galaxy Tab S7 FE 5G yang bermagnetKOMPAS.com/ OIK YUSUF S Pen bisa ditempelkan di area punggung Galaxy Tab S7 FE 5G yang bermagnet

Pena stylus ini memiliki ujung (tip) yang bisa diganti apabila sudah aus. S Pen Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki pressure sensitivity yang mampu membedakan 4.096 tingkat tekanan serta latency kurang dari 30 ms.

Saat digunakan, pena S Pen terasa natural. Guratan tangan langsung muncul di layar tanpa ada jeda yang terasa. Samsung memang telah lama mengembangkan stylus S Pen, jadi wajar saja jika pengalaman memakainya sudah optimal.

Baca juga: Kesan Pertama Menonton Video di Layar Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Bisa ubah tulisan tangan menjadi teks

S Pen bisa digunakan untuk menggambar, menulis, dan berkreasi di berbagai aplikasi. Galaxy Tab S7 FE 5G menyediakan beberapa aplikasi yang mendukung pena stylus ini, seperti Canva, Noteshelf, Clip Studio, dan tentu saja Samsung Notes.

Pengguna bisa memanfaatkan S Pen dan aplikasi-aplikasi tersebut untuk kegiatan produktivitas maupun berkarya, seperti membuat jurnal harian dengan tulisan tangan dan aneka gambar sebagai pelengkap.

Menulis dan menggambar dengan S Pen di layar Galaxy Tab S7 FE 5G terasa natural, seperti menggunakan pena di atas kertas.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Menulis dan menggambar dengan S Pen di layar Galaxy Tab S7 FE 5G terasa natural, seperti menggunakan pena di atas kertas.

Di aplikasi Notes, hasil tulisan tangan dapat dikonversi menjadi teks. Pengguna cukup memilih ikon konversi di toolbar (kelima dari kanan), aplikasi kemudian akan menampilkan tool tersebut berikut area konversinya di layar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com